Dua penumpang KM Marina Baru ditemukan dalam keadaan selamat

Pia Ranada

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dua penumpang KM Marina Baru ditemukan dalam keadaan selamat

Muh.Rusli/KP

Pencarian penumpang KM Marina dilakukan di perairan sekitar Pelabuhan Siwa

WAJO, Indonesia   ̶   Upaya pencarian korban tenggelamnya KM Marina Baru 2B masih terus berlangsung. Sebanyak dua orang ditemukan dalam keadaan selamat.

Memasuki hari ketiga, hari ini, upaya pencarian dilakukan mulai pukul 05.00 WITA. Lokasi yang menjadi target pencarian kapal milik PT Balibis Putra Siwa tersebut adalah di perairan berjarak 20 Nm sebelah timur Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Hingga saat ini ada dua korban yang ditemukan dalam keadaan selamat,” kata Direktur Sarana dan Prasarana Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsma TNI Suryadi B. Supriyadi, kepada Rappler.com, Selasa siang (22/12). Namun sejauh ini, identitas korban selamat masih dalam konfirmasi.

Pencarian akan terus dilakukan, sampai hari ketujuh, atau jatuh pada Sabtu depan. “Sebab, pada hari ke tujuh, biasanya tidak ada lagi jasad yang mengambang,” kata Suryadi.

Dalam operasi SAR ini, didukung oleh berbagai unsur dengan mengerahkan berbagai peralatan. Untuk kapal, dikerahkan lima unit, yakni dua unit dari Basarnas dan tiga lainnya masing-masing satu unit dari Badan Keamanan Laut, TNI AL, dan Perhubungan Laut.

Helikopter sebanyak dua unit, yakni masing-masing satu dari Basarnas dan TNI AU. Pencarian melibatkan berbagai unsur. Selain yang sudah disebut, ikut terlibat pula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia, dan masyarakat setempat.

“Basarnas menghimbau semua masyarakat, terutama yang berdomisili di tepi pantai. Apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban, mohon bisa dilaporkan ke instansi terkait,” kata Suryadi.

Sebelumnya diberitakan, KM Marina Baru 2B mulai berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 11:00 WITA, Sabtu (19/12).

Setelah berlayar beberapa saat, kapal dihantam ombak besar dan sempat melaporkan ke Syahbandar Siwa sekitar pukul 16:00 WITA jika kapal itu kemasukan air akibat terjangan ombak besar. Itulah kontak terakhir yang dapat dilakukan sebelum akhirnya kapal tenggelam.

Dengan temuan tersebut, korban selamat menjadi 39 orang dan tiga meninggal dunia dari total 118 jumlah penumpang.   ̶   Rappler.com

BACA JUGA   

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!
Sleeve, Clothing, Apparel

author

Pia Ranada

Pia Ranada is Rappler’s Community Lead, in charge of linking our journalism with communities for impact.