Rupiah hari ini: Tren penguatan sejak awal pekan terhenti

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Tren penguatan sejak awal pekan terhenti
Nilai tukar rupiah per dolar AS hari ini melemah menjadi Rp. 13.644

JAKARTA, Indonesia — Tren penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terjadi sejak awal pekan, terhenti pada hari ini, Rabu, 23 Desember. 

Berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate, nilai tukar rupiah per dolar AS hari ini adalah Rp. 13.644. Melemah tipis dari Rp. 13.615 per dolar AS pada kemarin. 

Pasar diprediksi masih mengkhawatirkan bahwa proses kenaikan tingkat suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) atau federal funds rate akan berlanjut tahun depan. 

Meski demikian, terdapat sejumlah sentimen positif yang berpotensi mendorong kurs rupiah per dolar AS kembali menguat. Apa saja? 

“Laporan Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat pada kuartal ke tiga yang belum lebih baik dari harapan,” kata Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Yulia Safrina di Jakarta, Rabu.

Sementara menurut Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, sikap optimistis para petinggi Bank Indonesia terhadap laju perekonomian domestik tahun depan dinilai akan menjaga nilai tukar rupiah dari potensi pelemahan lebih jauh.

“Prospek ekonomi Indonesia pada 2016 mendatang yang cukup optimistis atau lebih baik dari tahun ini akan menjaga fluktuasi rupiah,” katanya.Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!