Jusuf Kalla resmikan logo dan maskot Asian Games 2018

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jusuf Kalla resmikan logo dan maskot Asian Games 2018
'Maskotnya garang, tapi nanti medalinya jangan jarang,' kata Kalla

JAKARTA, Indonesia — Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan logo dan maskot Asian Games 2018, burung cendrawasih bernama Drawa, pada Minggu, 27 Desember.

“Cendrawasih burung yang indah dan sering disebut sebagai Paradise Bird. Maskotnya garang, tapi nanti medalinya jangan jarang,” kata Kalla saat peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018 di Pintu Timur Senayan, Jakarta, hari ini.

Kalla berharap pelaksanaan Asian Games di Jakarta, Palembang, Jawa Barat, dan Banten pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 berlangsung lancar dan Indonesia bisa masuk peringkat 10 besar di ajang tersebut.

Ia juga menyebut pentingnya olahraga bagi masyarakat. “Kita mengetahui peran olahraga untuk siapapun, sebagai jalan untuk sehat, dinamis, dan bangga,” katanya.

Kalla menambahkan bahwa Bendera Merah Putih berkibar di luar negeri saat kunjungan Kepala Negara dan atlet memenangkan pertandingan internasional.

“Kalau Kepala Negara hanya satu kali. Kalau atlet dapat 30 emas, maka 30 kali bendera naik. Itu hebatnya atlet-atlet,” kata Kalla dalam acara yang juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia Muddai Madang, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Mengapa cendrawasih?

Cenderawasih memang dikenal sebagai burung endemik asal tanah Papua. Namun Menpora Imam Nahrawi mengatakan, bahwa event ini bukan hanya menjadi milik Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah.

Acara ini menjadi ajang nasional, dengan simbol burung cenderawasih, yang tak memiliki kaitan dengan dua kota tuan rumah, tapi memiliki simbol khusus sebagai burung khas dari kawasan Indonesia.

“Semangat menggelar Asian Games bukan hanya milik DKI Jakarta dan Palembang tapi adalah milik masyarakat Indonesia,” kata Imam saat peluncuran logo pada September lalu.

Kemudian, kepakkan sayap yang ditunjukkan, berarti bahwa ada keinginan agar prestasi olahraga Indonesia bisa terbang tinggi dan menunjukkan kepakkan sayapnya kepada seluruh negara Asia.

Sebelumnya sempat terjadi konflik perihal logo Asian Games 2018 yang dinilai terlalu menyerupai logo Olimpiade. Pemerintah Indonesia kemudian resmi meluncurkan burung cenderawasih sebagai logo resmi ajang olahraga terbesar Asia tersebut. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!