Kilas balik 2015: Yang menang dan yang kalah di dunia hiburan tahun ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kilas balik 2015: Yang menang dan yang kalah di dunia hiburan tahun ini
Siapa saja pemenang dan yang kalah di dunia hiburan dalam 12 bulan kebelakang?

JAKARTA, Indonesia—Sejumlah artis dan pelaku dunia hiburan mencatatkan prestasi yang membanggakan di tahun 2015 ini. Namun di sisi lain, ada pula mereka yang harus menerima nasib buruk.

Siapa saja mereka dan apa yang terjadi? Berikut daftar pemenang dan yang kalah dari dunia hiburan di tahun 2015 versi Rappler Indonesia.

Mereka yang menang:

Jebe dan Patty

Duo blasteran Jessica Bennet dan Patrecia Sarah atau yang populer dengan panggilan Jebe dan Patty berhasil memenangkan kompetisi X Factor Indonesia 2015. Pada Jumat malam, 11 September, keduanya membawakan lagu kemenangan mereka Over You, setelah dinobatkan sebagai pemenang.

Dalam penampilannya dari minggu ke minggu, duo blasteran Kalimantan-Australia dan Kupang-Amerika ini selalu menjadi favorit para juri. Jebe-Patty berhasil mengalahkan finalis lainnya Clarissa Dewi yang juga sering mendapatkan komentar-komentar positif.

Anggun C. Sasmi

Penyanyi internasional berdarah Indonesia, Anggun C Sasmi, mendapat penghargaan musik kategori “International Artist Award” pada ajang penghargaan bergengsi Planet Music Awards yang digelar di Singapura, Sabtu malam, 10 Oktober lalu.

Anggun juga telah menerima plakat penghargaan “Diamond Sales” atas pencapaian penjualan lebih dari 1 juta kopi di Eropa pada 1997 hingga 2015.

Dengan penjualan yang spektakuler seperti penjualan Triple-Platinum di Italia untuk album “Snow On The Sahara” atau penjualan Platinum di Perancis untuk album “Luminescense”, Anggun memegang gelar Best-Selling Asian Artist Outside Eastern Asia. Sebuah prestasi yang belum pernah dicapai oleh artis Asia Timur lainnya.

Pasha Ungu

Sigit Purnomo alias Pasha “Ungu” yang menjadi calon wakil Wali Kota Palu berpasangan dengan Hidayat, unggul sementara dengan perolehan 44,4 persen suara. Sementara rival mereka, Hadianto Rosyid – Wiwik Jumatul Rofiah meraih suara 20,45 persen, dilanjutkan dengan Habsa Yanti Ponulele-Tamrin Samauna dengan 21,37 persen suara, dan Mulhanan Tombolotutu – Tahmidi Lasahido dengan 14,14 persen suara.

Padahal beberapa saat sebelumnya Pasha sempat diterpa isu tidak sedap berupa foto mesra dirinya dengan Angel Karamoy. Namun istri Pasha Adelia Wilhelmina menganggap hal tersebut sebagai black campaign dan tetap mendukung penuh suaminya.

(BACA: Diterpa gosip selingkuh, Istri Pasha Ungu tetap dukung suami di Pilkada Palu)

Maria Harfanti

MISS WORLD ASIA. Maria Harfanti disambut keluarga dan penggemarnya saat tiba di Bandara Soekarno Hatta pasca menjadi Juara 3 Miss World. Foto dari Instagram/@mariaharfanti

Perwakilan Indonesia di ajang kontes ratu sejagad Miss World Maria Harfanti dinobatkan sebagai juara ketiga, prestasi terbaik yang pernah didapatkan Indonesia dalam ajang tersebut. Selain memenangkan posisi ke-3, Maria juga memenangkan kategori Beauty with a Purpose.

(BACA: Indonesia raih juara III Miss World 2015)

Untuk mendapatkan posisi second runner-up tidaklah mudah. Maria harus mengalahkan 112 kontestan lainnya dari seluruh dunia.

“Tahun ini ada 114 kontestan. Jadi saya mengalahkan 112 kontestan,” tutur Maria saat saat menjadi tamu dalam acara Dahsyat di RCTI pada Rabu pagi, 23 Desember.

(BACA: Maria Harfanti: Saya mewakili Indonesia dengan kulit, wajah dan ‘attitude’)

Cita Citata

CITA CITATA. Foto dari Instagram @cita_citata

2015 tampaknya memang menjadi tahunnya penyanyi dangdut Cita Citata. Cita berjaya di layar kaca, terbukti dari banyaknya acara dan iklan yang menggunakan jasanya. Ia juga berjaya di Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2015 dengan meraih penghargaan kategori Penyanyi Wanita Solo Dangdut Kontemporer Terbaik.

Terakhir, penyanyi yang mengawali karirnya sebagai penyanyi jazz ini juga berjaya di YouTube. Ia menempatkan dua video musiknya, masing-masing untuk lagu Goyang Dumang dan Aku Mah Apa Tuh dalam daftar video YouTube terpopuler di Indonesia untuk kategori video musik. Video Goyang Dumang ada di peringkat dua sedangkan video Aku Mah Apa Tuh ada di peringkat empat.

Mereka yang kalah:

Farhat Abbas

Farhat Abbas di depan warung Haji Abbas, Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Foto dari akun twitter Farhat Abbas (@farhatabbaslaw)

Farhat Abbas memang selalu menuai sensasi. Di awal tahun 2015, tagar #RIPFarhatAbbas sempat menjadi trending topic di Indonesia pada Senin, 30 Maret 2015. Topik tersebut dimulai dengan Farhat yang mengucapkan bela sungkawa pada mendiang Olga Syahputra, yang meninggal dunia di RS Mount Elizabeth pada 27 Maret 2015, setelah menderita radang selaput otak.

Setelah dua ucapan bela sungkawa, Farhat memulai kuliah twit tentang Olga dengan tagar #RIPolga. Farhat kemudian mulai mengungkit kembali masalahnya dengan Olga di masa lalu. Seperti saat Olga memparodikannya dalam sebuah acara. Ia mengaku sakit hati.

(BACA: Doa Netizen untuk Farhat Abbas lewat #RIPFarhatAbbas)

Selain itu, perseteruannya dengan musisi Ahmad Dhani juga tak kunjung usai. Farhat yang hobi menuliskan kicauan di Twitter dituntut Dhani dengan Pasal 27 ayat 3 pasal 45 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Selain itu, Farhat juga dituduh tidak mematuhi Pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Tindakan hukum dipilih Dhani lantaran Farhat kerap menjelek-jelekkan Dhani melalui akun Twitternya, terutama sejak 2013 saat proses peradilan Abdul Qodir Jaelany, anak Dhani, sedang berlangsung.

(BACA: LINI MASA: Farhat Abbas vs Ahmad Dhani)

Nikita Mirzani

KONTROVERSI Nikita Mirzani. Foto dari Instagram/@nikitamirzanimawardi

Kamis malam, 10 Desember lalu, artis Nikita Mirzani diperiksa polisi sebagai korban dalam kasus prostitusi online. NM ditangkap bersama artis berinisial PB, manajer F dan seorang karyawan klub malam kelas atas berinisial O.

Kuasa hukum Nikita, Partahi Sihombing mengklaim kliennya sudah dibawa ke Dinas Sosial Cipayung, Jakarta Timur, untuk direhabilitasi. Nikita dibawa ke dinsos setelah diperiksa di Bareskrim Polri. Menurutnya, Nikita Mirzani membantah terlibat dalam kasus ini.

(BACA: Penangkapan Artis NM dalam dugaan prostitusi online)

Sandy Tumiwa

AKTOR. Sandy Tumiwa saat menjalani 'shooting' bersama Jill Gladys dalam sebuah FTV. Foto dari Instagram/basmalahku

Artis sinetron Sandy Tumiwa mengalami tahun yang buruk. Pada akhir November lalu, ia ditangkap pihak kepolisian setelah diduga melakukan penipuan dengan modus investasi senilai tujuh milyar rupiah.

Mantan suami Tessa Kaunang tersebut mendirikan perusahaan investasi bernama PT CSM Bintang Indonesia untuk menampung dana dari investor dan menjanjikan keuntungan sebesar 18 persen hingga 45 persen.

Pria berusia 33 tahun ini diduga memutarkan uang senilai Rp7 miliar milik para investor melalui trading forex hingga mengalami kerugian dan tidak mampu mengembalikan uang para pemilik modal yang telah dikumpulkan sejak 2012.

Saat ini persidangan kasus penipuan ini masih berlangsung.

Helmi Yahya

Berbeda halnya dengan Pasha Ungu yang berhasil menang di Pilkada di Palu, Helmi Yahya kembali gagal terpilih sebagai Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, setelah maju untuk yang ketiga kalinya.

Berdasarkan penghitungan cepat pada Rabu, 9 Desember, presenter kondang yang berpasangan dengan Muchendi Mahzareju tersebut kalah dari pasangan AW Nofiadi dan Ilyas Panji Alam yang merupakan anak dari mantan Bupati Ogan Ilir.

Mulan Jameela

Perseteruan antara Mulan Jameela dengan Maia Estianty terus berlanjut.

Sepertinya Maia belum dapat memaafkan Mulan atas kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya selama ini, terlihat dari beberapa status yang tertulis dalam akun Twitter-nya pada Selasa, 15 Desember kemarin.

Status tersebut sepertinya ditujukan sebagai respon video permintaan maaf dari Mulan pada Senin, 14 Desember.

Niat baik Mulan untuk meminta maaf kepada Maia justru menuai banyak kritikan, baik dari para haters dan bahkan dari suaminya sendiri Ahmad Dhani. Dhani merasa Mulan seharusnya tidak meminta maaf karena ia tidak melakukan kesalahan apapun. — Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!