200 ribu orang diperkirakan berkumpul di Ancol malam ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

200 ribu orang diperkirakan berkumpul di Ancol malam ini

ANTARA FOTO

Masyarakat diminta waspada terhadap kemungkinan adanya pesan berantai dengan membawa pesan teror

JAKARTA, Indonesia   —  Pengelola kawasan Ancol Taman Impian di Jakarta Utara bersiap menerima 200.000 pengunjung pada malam pergantian tahun,malam nanti.

Pejabat Hubungan Media PT Pembangunan Jaya Ancol Anisa Naamin mengatakan pengelola menggelar apel petugas pengamanan pada tadi pagi.

“Total sekitar 2.000 personel akan diturunkan khusus malam nanti,” kata Anisa. Ia menambahkan selain petugas keamanan internal, pengelola melibatkan aparat TNI, Polri dan Pramuka dalam mengamankan kawasan wisata itu pada malam Tahun Baru.

Pengelola juga menyiapkan tempat parkir terpusat dan mewajibkan seluruh pengunjung memarkir kendaraan di kantong-kantong parkir yang telah disediakan.

Ancol juga menyiapkan 145 bus untuk pengunjung untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan wisata.

Awas Pesan Berantai

Polri mengimbau masyarakat mewaspadai ancaman teror yang disebar melalui pesan berantai pada telepon seluler atau “broadcast” menjelang Tahun Baru.

“Ancaman teror dari broadcast biasanya tidak benar, tapi kita tetap harus waspada,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan di kantornya, Jakarta, Rabu.

Ia meminta kepada masyarakat agar tidak panik atau berlebihan ketika menerima pesan demikian. “Kita memang punya sejarah pahit, Tahun Baru pernah ada aksi teroris. McDonald, gereja, mal, kantor polisi, dan kedutaan pernah dibom. Inisiatif meneror memang dari mereka. Kami tidak tahu apa yang dipikirkan, ya kita tetap harus waspada,” kata Anton.

Semua lokasi yang dinilai berpotensi menerima serangan akan mendapatkan pengamanan dari Polri.  Polri akan menerapkan penjagaan berlapis, mulai dari pengamanan terbuka hingga tertutup.

Menjelang tutup tahun, Polri akan mengerahkan dua pertiga kekuatannya dengan dibantu TNI dan pemerintah daerah setempat, hingga mencapai 150 ribu personel. —  Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!