Jelang jumenengan PA X, Pakualaman gelar gladi bersih

Mawa Kresna

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jelang jumenengan PA X, Pakualaman gelar gladi bersih
Pura Pakualaman menggelar gladi bersih untuk persiapan Jumenengan KGPAA Paku Alam X di Pura Pakualaman

YOGYAKARTA, Indonesia — Pura Pakualaman menggelar gladi bersih untuk persiapan Jumenengan KGPAA Paku Alam X di Pura Pakualaman, Minggu, 3 Januari. Jumenengan sendiri akan dilakukan pada 7 Januari mendatang.

Gladi bersih dilakukan mulai Minggu pagi dengan melakukan apel Abdi Dalem dan dilanjutkan dengan upacara Jumenengan. Ratusan warga pun menyaksikan gladi bersih tersebut dengan antusias.

Kawedanan Budaya dan Pariwisata Pura Pakualaman, KPH Endro Kusumo, mengatakan prosesi Jumenengan nantinya akan dimulai pada 7 Januari di Bangsal Sewotomo pukul 8 pagi.

Dalam prosesi tersebut, sejumlah pusaka akan dikeluarkan sebagai peralatan Jumenengan. Pusaka yang dikeluarkan yaitu dua buah tombak bernama Kyai Paku Baru dan Kyai Buyut, dan keris Kyai Buntit.

“Pusaka ini dipakai jumengenan Paku Alam sebelumnya. Memang diwariskan seperti sekarang ini,” kata Endro usai gladi, Minggu pagi.

Selain pusaka tersebut, nantinya juga akan ada enam kereta kencana yang akan digunakan dalam Jumenengan, yakni Kyai Manik Kumolo, Rejo Pawoko, Jolodoro, Rar Kumenyar, Kyai Brajanolo, dan Kyai Manik Brojo.

“Dalam gladi ini hanya lima yang dikeluarkan. Nanti Paku Alam X akan menaiki Kyai Manik Kumolo dan ditarik enam kuda putih,” katanya.

Jumenengan akan dipimpin oleh kerabat Pura Pakualaman yang paling tua. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan Paku Alam X menduduki singgasana.

“Kemungkinan nanti cucu dari PA VII, VI atau V. Nanti Paku Alam X juga sudah mengenakan pakaian kebesaran Paku Alam,” ujarnya.

Sebelumnya Pangeran Suryodilogo putra Paku Alam IX sudah diangkat sebagai putra mahkota pada 2012 silam. Setelah Paku Alam IX meninggal dunia pada 20 November lalu, Suryodilogo secara otomatis akan meneruskan tahta Paku Alam. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!