Jumenengan Paku Alam X habiskan dana Rp500 juta

Mawa Kresna

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jumenengan Paku Alam X habiskan dana Rp500 juta

ANTARA FOTO

Lebih dari separuhnya merupakan sumbangan dari masyarakat Yogyakarta yang ikut berbahagia

 

 YOGYAKARTA, Indonesia  —  Jumenengan Paku Alam X yang akan digelar 7 Januari 2015 di Pura Pakualaman diperkirakan menghabiskan dana hingga Rp500 juta. Uniknya, dana tersebut lebih dari separuhnya merupakan sumbangan dari masyarakat Yogyakarta yang ikut berbahagia dengan pelantikan Paku Alam X.

Ketua II Jumeneng Dalem Paku Alam X, KRMT Tirtonegoro  menyatakan, hingga tiga hari sebelum pelaksanaan, pihaknya sudah mendapat sumbangan lebih dari Rp200 juta. Namun jumlah tersebut bukanlah berbentuk uang, melainkan berbentuk barang.

“Kalau kebutuhannya sekitar Rp.400 juta sampai Rp500 juta. Lebih dari separuhnya adalah sumbangan, tapi bukan dalam bentuk uang. Misalnya kertas undangan, percetakan menyumbang gratis cetak, tenda dan sound tidak sewa dapat pinjaman gratis dan banyak lagi. Kalau diuangkan mungkin lebih dari Rp200 juta,” katanya pada wartawan, Senin, 4 Januari 2016..

Tirto pun mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam gelaran akbar tersebut. Menurutnya hal itu menunjukan kecintaan warga Yogyakarta terhadap Pura Pakualaman.

“Itu tandanya banyak warga yang mencintai Pura Pakualaman dan ingin agar tradisi yang adiluhung ini terus diwariskan. Ini adalah respon positif warga,” ungkapnya.

Dia pun menegaskan jika dana yang digunakan pun juga bukan berasal dari Dana Keistimewaan DIY yang diambil dari APBN. Sisa kebutuhan tersebut sepenuhnya dicover oleh biaya dari Pura Pakualaman sendiri.

“Dana keistimewaan bukan untuk operasional seperti saat ini. Untuk acara seperti ini Pura Pakualaman punya sendiri. Jumeneng Dalem ini benar-benar dari sumbangan warga Yogyakarta,” tegasnya.    —  Rappler.com

BACA JUGA

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!