Edhi Sunarso, pematung Monumen Selamat Datang, meninggal dunia

Mawa Kresna

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Edhi Sunarso, pematung Monumen Selamat Datang, meninggal dunia
Pesan terakhir Edhi: dia ingin karyanya bisa menginspirasi banyak orang


YOGYAKARTA, Indonesia—Pematung senior pencipta Monumen Selamat Datang Edhi Sunarso meninggal dunia, Senin 4 Januari 2016. Edhi juga adalah pematung senior yang menciptakan Patung Dirgantara di Pancoran.

Pematung yang dikenal akrab dengan Presiden Soekarno ini meninggal pada pukul 22.53 WIB di ruang ICU Jogja Internasional Hospital. Putri bungsu Edhi, Sari Prasetya Angkasa, menjelaskan bahwa sang ayah meninggal setelah dirawat sejak Kamis 31 Desember.  

“Keluhannya bapak sesak nafas, setelah masuk hari Kamis, Jumat pagi masuk ICU. Meninggalnya Senin,” kata Sari saat ditemui di rumah duka di desa Nganti RT 2/7 Jl Cempaka No 72 Mlati, Sleman.

 
//

Kita semua berduka atas berpulangnya Empu Ageng Soenarso. Kita kehilangan seorang pematung nasional yang luar biasa,…

Posted by Presiden Joko Widodo on Monday, January 4, 2016

Edhi tutup usia pada umur 83 tahun. Dia meninggalkan empat orang anak dan 11 cucu. Sebelum meninggal dunia, lanjut Sari, Edhi masih berpikir tentang Griya Seni, galerinya yang baru saja diresmikan pada 5 September 2015. 

“Bapak itu pemikir, nggak bisa berhenti. Pas di rumah sakit saja masih mikir nanti Griya Seni akan dibuat seperti apa, jam buka jam berapa, tutup jam berapa,” kata Sari.

Sebelum wafat Edhi berpesan agar keluarganya menjaga Griya Seni. “Bapak ingin Griya Seni dan karya bapak bisa menginspirasi banyak orang, bermanfaat bagi banyak orang,” kata dia.

Selain itu dia berpesan untuk dimakamkan di sebelah istrinya. “Bapak sudah pesan kalau meninggal nanti minta dimakamkan di sebelah ibu, kaplingnya juga sudah lama disiapkan,” kata Sari. 

Rencananya jenazah Edhi akan dimakamkan di makam seniman Saptohudoyo, Imogiri, Bantul. Sebelumnya jenazah akan dibawa ke kampus ISI untuk mendapat penghormatan terakhir.

Edhi Sunarso adalah seniman besar Indonesia dengan banyak karya monumental. Beberapa diantaranya yaitu patung Pancoran, Dirgantara dan Tugu Selamat Datang. Edhi juga merupakan seniman pertama Indonesia yang mengerjakan diorama. Karya dioramanya berada di Monumen Nasional.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!