Paku Alam X sosok sederhana yang dekat dengan rakyat

Mawa Kresna

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Paku Alam X sosok sederhana yang dekat dengan rakyat
Sejak awal, Paku Alam sudah bekerja di pemerintah daerah Yogyakarta sebagai Pegawai Negeri Sipil

 

YOGYAKARTA, Indonesia  —   Sosok Paku Alam X dikenal sebagai sosok yang sederhana dan dekat dengan rakyat. Hal tersebut diakui oleh Syaffi Maarif tokoh bangsa yang juga pernah menjadi Ketua Umum Muhammadiyah saat menghadiri Jumenengan Paku Alam X di Pura Pakualaman, Kamis (7/1).

“Saya rasa dia punya kepemimpinan, dia juga dekat dengan masyarakat,” katanya pada wartawan.

Buya Syafii menilai, Paku Alam X sudah memiliki kesiapan yang baik untuk menjadi pemimpin. Sebab sejak awal, Paku Alam sudah bekerja di pemerintah daerah Yogyakarta sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Dia lebih siap apalagi selama ini dia kerja di pemerintahan,” ungkapnya. Syafii berharap agar nanti ketika menjaddi wakil gubernur, Paku Alam X bisa membawa Yogyakarta menjadi lebih baik.

“Nantikan otomatis jadi wakil gubernur, semoga bisa makin baik. Saya kira keraton juga harus berbenah,” katanya. Hal serupa juga diungkapkan seniman Djaduk Ferianto. Sepanjangan pengetahuannya, Paku Alam X merupakan sosok yang sederhana dan low profil

“Beliau itu tidak banyak cocot, nggak omdo, sama seperti Paku Alam IX. Langsung kerja tanpa banyak bicara,” katanya. Dia pun berharap, Paku Alam X bisa menjalankan tugasnya sebagai pengemban kebudayaan dengan baik.

“Jangan sampai ada kisruh di internal,” tandasnya. Dalam Jumenengan Paku Alam X tampak hadir Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarno Putri dan Puan Maharani. Selain itu juga tampak sejumlah menteri seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan Anies Baswedan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ada juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sri Sultan Hamengku Buwono X pun juga datang dengan didampingi GKR Hemas. Sultan datang dengan mengenakan surjan bercorak kembang berwana merah jambu, sedangkan GKR Hemas mengenakan kebaya berwarna kuning. —  Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!