Ade Komarudin resmi dilantik jadi Ketua DPR

Haryo Wisanggeni

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ade Komarudin resmi dilantik jadi Ketua DPR

ANTARA FOTO

Pelantikannya sempat diprotes keras sejumlah angota dewan. Menurut mereka, Golkar harus menyelesaikan konflik internalnya terlebih dulu sebelum menunjuk pengganti Setya Novanto


JAKARTA, Indonesia — Ade Komarudin dari Fraksi Partai Golkar resmi dilantik sebagai Ketua DPR RI yang baru dalam Sidang Paripurna DPR RI untuk membuka masa sidang ketiga tahun persidangan 2015/2016, Senin, 11 Januari. Ia menggantikan rekan separtainya, Setya Novanto.

Setya sendiri mundur di tengah proses sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tentang pencatutan nama Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang menyeret namanya. 

Pelantikan Ade sempat diwarnai hujan protes dan interupsi dari sejumlah anggota dewan yang menolak proses ini.

Mereka yang tak sepakat Ade menjadi ketua DPR RI baru umumnya berpendapat bahwa sebelum bisa menunjuk pengganti Setya, Partai Golkar harus terlebih dahulu menyelesaikan konflik Internal mereka. Ini agar sosok yang ditunjuk nantinya jelas legalitasnya.

“Sekarang tidak ada kepengurusan Golkar yang sah. Golkar ini partai yang tidak punya kepengurusan. Biarkanlah Golkar menyelesaikan persoalan internalnya. Saya rasa tidak lama lagi Golkar akan menyelesaikannya melalui munas,” kata anggota Fraksi Partai Golkar kubu munas Ancol, Melchias Mekeng. 

Setelah dilantik, Ade mengucapkan keyakinannya untuk dapat memimpin DPR dengan baik. “Terimakasih seluruh rakyat Indonesia. Dengan pengalaman sejak 97, saya yakin agenda DPR tak sulit dilaksanakan,” kata Ade. Dia berkomitmen membuat proses legislasi DPR lebih produktif. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!