Rupiah hari ini: Melemah, sentimen eksternal masih negatif

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Melemah, sentimen eksternal masih negatif
Meski demikian pelemahan yang terjadi diprediksi tak akan membawa kurs rupiah menembus Rp. 14.000 per dolar AS

JAKARTA, Indonesia — Setelah ditutup menguat pada akhir pekan lalu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah pada hari ini, Senin, 11 Januari. 

Berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia, kurs rupiah per dolar AS pada hari ini adalah Rp. 13.935, melemah dari Jumat akhir pekan lalu sebesar Rp. 13.874 per dolar AS.

Analis menilai depresiasi rupiah yang terjadi hari ini lebih banyak didorong oleh faktor eksternal. 

Secara umum, mata uang rupiah masih tertekan walaupun masih bertahan di bawah level Rp14 ribu per dolar AS. Peluang depresiasi rupiah lebih lanjut cukup terbuka, terutama akibat faktor eksternal,” kata ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Senin.

Faktor eksternal seperti yang disebut Rangga antara lain adalah gejolak pasar saham Tiongkok akibat laju pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan masih melambat serta membaiknya data kinerja perekonomian Amerika Serikat yang berpotensi membuat bank sentral Amerik Serikat atau The Fed kian yakin untuk menaikkan lagi tingkat federal funds rate.

Di sisi lain menurut Rangga, harapan pasar bahwa akan terjadi pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) pada Rapat Dewan Gubernur pekan ini juga diperkirakan belum akan menjadi kenyataan karena berbagai faktor eksternal tersebut.

“Harapan pemangkasan BI rate telah tumbuh semenjak inflasi Desember 2015 cukup rendah. Bank Indonesia sempat menyatakan bahwa ada ruang untuk pelonggaran moneter. Namun faktor eksternal dapat membatasi aksi BI,” ujar Rangga. 
Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!