Dubes RI untuk Iran: Indonesia ingin lihat konflik Arab Saudi-Iran secara komprehensif

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dubes RI untuk Iran: Indonesia ingin lihat konflik Arab Saudi-Iran secara komprehensif

ANTARA FOTO

Indonesia punya banyak modal untuk ambil bagian dalam penyelesaian konflik di Timur Tengah

JAKARTA, Indonesia — Octavino Alimudin baru saja dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran, di Jakarta, pada Rabu, 13 Januari.

Menanggapi rencana Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk ambil bagian dalam penyelesaian konflik antara Iran dengan Arab Saudi, Octavino menjelaskan bahwa sebagai negara Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak modal.

“Dari segi kita sebagai negara Muslim terbesar atau juga Indonesia dengan Iran, kita sama-sama menjadi anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). Modal kita berdasarkan keanggotaan di organisasi internasional ataupun secara bilateral kita gunakan untuk membantu negara-negara sahabat,” kata Octavino pasca pelantikannya.

Ia juga mengemukakan bahwa pada pihak kedubes akan mengikuti arahan Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi perihal tindak lanjut berikutnya.

“Kita akan 100 persen mendukung langkah-langkah yang dilakukan Bu Menlu. Tentunya ini arahan langsung dari Presiden kan untuk upaya mencapai situasi yang tidak berkembang ke arah yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Selain itu, Octavino menegaskan kembali upaya serius pemerintah Indonesia untuk mendamaikan Arab Saudi dan Iran dengan melihat perspektif dari kedua belah pihak yang bertikai.

“Presiden kan langsung kirim Bu Menlu. Ini menunjukkan bahwa dari kita, kita ingin melihat permasalahan secara keseluruhan. Harapannya dari permasalahan itu kita lihat mana yang paling tepat dan dibutuhkan saat ini,” katanya.

Selain Octavino, Jokowi juga melantik 12 duta besar lainnya yang akan dikirim ke sejumlah negara. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!