Philippine basketball

Indonesia wRap: Teror Sarinah mencengkeram Jakarta

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: Teror Sarinah mencengkeram Jakarta
Indonesia dirundung duka. Rentetan ledakan di pusat kota mengguncang Jakarta

JAKARTA, Indonesia — Indonesia dirundung duka. Rentetan ledakan di pusat kota mengguncang Jakarta. Berikut yang terjadi selama 24 jam ke belakang. 

7 tewas dalam ledakan Sarinah 

Terjadi sedikitnya 7 ledakan di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 Januari. Setidaknya 7 orang tewas akibat ledakan ini, lima di antaranya pelaku teror. Sedangkan dua lainnya adalah warga sipil.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, salah seorang warga merupakan warga negara asing berkebangsaan Kanada. Ikuti perkembangan terbaru bom Jakarta di LIVE BLOG Rappler di sini. 

Pelaku teror Sarinah diduga kuat berhubungan dengan ISIS

Pelaku aksi teror di Sarinah dapat dipastikan merupakan dari jaringan ISIS yang bermarkas di Raqqa, Suriah.

“Di Asia Tenggara, ada beberapa tokoh yang saling bersaing untuk memperebutkan kepemimpinan. Aksi-aksi di Indonesia termasuk di Sarinah dikendalikan oleh tokoh bernama Bahrum Naim,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. Selengkapnya di sini. 

Artis YouTube ini ‘tak peduli’ dengan teror bom Sarinah 

Seorang YouTuber Aron Ashab membuat sensasi dengan mengunggah foto sambil minum kopi Starbucks, sebagai respon dari pengeboman yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta, pada Kamis siang, 14 Januari.

Aron mengunggah foto tersebut dengan captionWhen you just don’t care #isiswhatsgood” dan mengundang komentar pedas dari para netizen. Saat ini caption Instagram tersebut telah diganti menjadi penjelasan tentang pernyataan Aron sebelumnya.

Selengkapnya di sini.

Tukang sate jadi simbol Jakarta tidak takut

Pasca teror bom, warga Jakarta saling menguatkan satu sama lain di media sosial melalui tagar #KamiTidakTakut. Netizen mengunggah foto-foto mulai dari tukang sate yang tetap berjualan di sekitar lokasi peledakan, hingga tukang ojek yang menyelamatkan seorang pengemudi wanita yang terluka.

Tapi apakah benar warga Jakarta tidak takut? Bukankah wajar takut pada serangan teroris? Baca argumennya di sini.

Rupiah melemah, dampak teror Sarinah

Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS pada, Kamis, 14 Januari, ke level Rp. 13.877 per dolar AS dari sebelumnya Rp. 13.861 pada sehari sebelumnya. Analis tak menampik dampak serangan teror di ibu kota hari ini sebagai faktor pemicu terjadinya depresiasi.

“Nilai tukar rupiah kembali mengalami pelemahan di tengah sentimen harga komoditas yang cenderung negatif serta adanya ledakan bom di Jakarta,” kata pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!