Keamanan ditingkatkan jelang ‘leg’ kedua semi final Piala Sudirman

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Keamanan ditingkatkan jelang ‘leg’ kedua semi final Piala Sudirman

ANTARA FOTO

Siaga satu nasional membuat seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang terpengaruh. Salah satunya adalah semifinal Piala Jenderal Sudirman.

JAKARTA, Indonesia — Panitia Semen Padang tiba-tiba mendapatkan telepon dari panitia pusat Piala Jenderal Sudirman. Ketua panitia pelaksana (panpel) turnamen Hasani Abdul Gani menegaskan telah meminta kepada para panpel daerah untuk menyiagakan keamanan lebih.

Hal tersebut menyusul instruksi pasca insiden bom di kawasan Sarinah, Jakarta, pada Kamis, 14 Januari lalu. Ketakutan sebenarnya tak ada di benak para penyelenggara turnamen, hanya antisipasi dan respek terhadap instruksi nasional, untuk siaga satu.

“Kami sudah minta kepada panitia daerah untuk meningkatkan dan menambah personil keamanan,” ujar Hasani pada Jumat, 15 Januari.

“Selain insiden ini, semifinal saya yakin pasti akan dihadiri oleh lebih banyak suporter, baik di Malang maupun Padang.”

Saat dikonfirmasi, Panpel Semen Padang Renol Fadli membenarkan mengenai permintaan dari panitia pusat. Sebelum kejadian di Jakarta, mereka pun sudah melipatgandakan personil keamanan karena laga dipastikan diikuti banyak penonton.

Awalnya, Panpel hanya menyiagakan 300-an personil. Padahal, biasanya saat ISL bergulir, panpel hanya menyiagakan 150-180 personil keamanan.

“Sekarang kami lipatkan tiga kali, ini ada 400 lebih personil. Hampir 500-an,” ujar Renol saat dihubungi Rappler, Jumat malam, 15 Januari.

Namun, bukan hanya dari pihak kepolisian, mereka juga meminta pengamanan didukung oleh personel TNI setempat.

“Ini gabungan, dari polisi, korem. Tapi ada juga pihak keamanan cadangan yang disiapkan, andai terjadi hal yang tak diinginkan,” tuturnya.

Semen padang akan menghadapi Pusamania Borneo FC (PBFC) pada Sabtu malam, 16 Januari, di Stadion H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat.

Sementara itu, Panpel Arema Abdul Haris mengakui juga meningkatkan jumlah personel keamanan jelang laga semi final leg kedua melawan Mitra Kukar pada Minggu, 17 Januari.

Sejumlah 1500 personel disiapkan, meningkat dua kali lipat dari yang biasanya disiapkan Panpel Arema, antara 700-800 personil.

“Nanti juga personil gabungan, dari Polisi, TNI, dan Aremania,” terang Abdul. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!