Sutrisno Bachir bantah dilantik jadi Ketua KEIN terkait politik

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sutrisno Bachir bantah dilantik jadi Ketua KEIN terkait politik
Komite Ekonomi dan Industri Nasional fokus melakukan kajian ekonomi lalu diharapkan bisa memberikan rekomendasi konkrit kepada Presiden.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada pagi tadi, Rabu 20 Januari 2016, melantik salah satu kader Partai Amanat Nasional (PAN), Sutrisno Bachir menjadi Ketua Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Penunjukkan Sutrisno menjadi Ketua KEIN dilakukan usai PAN resmi menyatakan diri masuk dalam koalisi partai politik pendukung pemerintah.

Ditemui di Kompleks Istana Negara, Sutrisno membantah hal tudingan itu.

“Oh, enggak, enggak. Saya sekali lagi katakan tidak mewakili PAN tetapi murni sebagai wirausaha profesional. Kalau urusan PAN itu masuk ranah ketua umum. Saya juga nanti kan harus lengser keprabon karena mendapat jabatan ini, otomatis saya tidak boleh lagi aktif di partai,” ujar Sutrisno menjelaskan.

Namun, dia mengatakan belum mengajukan pengunduran diri ke partai.

“Kan baru dilantik hari ini,” Sutrisno menambahkan.

Mantan Ketua PAN periode tahun 2005 hingga tahun 2010 itu mengatakan sebagai Ketua KEIN dirinya bertanggung jawab langsung kepada Presiden Jokowi. Organisasinya bertugas untuk memberikan rekomendasi kepada Presiden yang bisa dieksekusi agar Indonesia ke depan bisa menjadi negara industri yang kuat. Itu pula yang membedakan organisasi serupa yang pernah dibentuk oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat itu SBY menunjuk Chairul Tanjung sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

“Kalau dulu KEN mungkin makro. Tetapi ini kan pesan pentingnya lebih fokus ke industri. Bagaimana kita ini bisa menjadi negara-negara industri seperti Jepang, Korea, Taiwan dan Tiongkok. Fokus kita akan menuju ke sana,” kata Sutrisno.

Dalam bekerja Sutrisno akan dibantu oleh Arif Budimanta sebagai wakil ketua, Putri Wardani sebagai sekretaris dan 17 anggota lainnya. Dia juga akan berkoordinasi dengan masing-masing Menteri Koordinator. Minggu depan rencananya akan ada pertemuan antara KEIN dengan para Menko tersebut.

Selain itu, KEIN juga akan membuat sebuah road map ekonomi industri. Proses pembuatan road map itu akan memakan waktu satu bulan.

Sementara, juru bicara Presiden, Johan Budi mengatakan KEIN akan fokus dalam melakukan kajian terhadap ekonomi dan industri. Dari hasil kajian itu, maka KEIN diharapkan bisa memberikan rekomendasi kepada Presiden.

“Pesan menarik yang disampaikan Pak Presiden, kalau memberikan rekomendasi yang konkrit dan bisa dieksekusi. Misalnya dalam rangka untuk mengatasi inflasi,” kata Johan Budi di tempat yang sama. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!