UI minta studi klub seksualitas tak gunakan nama dan logo kampus

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

UI minta studi klub seksualitas tak gunakan nama dan logo kampus
SGRC UI merupakan ‘support group’ bagi lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) sekaligus kelompok studi ilmiah terkait seksualitas di lingkungan Universitas Indonesia.

JAKARTA, Indonesia — Universitas Indonesia (UI) menyatakan bahwa Support Group and Resource Center On Sexuality Studies (SGRC UI) bukan merupakan unit kegiatan mahasiswa resmi, baik di tingkat fakultas maupun universitas, sehingga tidak dapat menggunakan nama dan logo UI dalam aktivitasnya.

“Dengan tegas UI menyatakan SGRC tidak berhak menggunakan nama dan logo UI pada segala bentuk aktivitasnya,” demikian bunyi rilis yang dipublikasikan melalui www.ui.ac.id.

Menurut penuturan koordinatornya Nadya Karima Melati, SGRC UI merupakan kelompok studi terkait seksualitas dan gender secara ilmiah yang berdiri sejak tahun 2014.

“SGRC adalah support group dan juga resource center. Di resource center ini, kita punya digital library yang isinya penelitian-penelitian dan publikasi ilmiah, seperti jurnal, buku, semua yang berkaitan dengan seksualitas dan gender,” kata Nadya saat dihubungi Rappler pada Kamis, 21 Januari.

SGRC UI memiliki 222 orang anggota terdaftar yang terdiri dari mahasiswa UI dan kerap melakukan kerjasama dengan lembaga lain, baik di dalam maupun di luar kampus, seperti Pusat Studi Gender FISIP UI hingga Komnas Perempuan.

Nadya mengaku SGRC UI sebelumnya tidak pernah memiliki masalah apapun dengan pihak kampus, hingga saat publikasi kegiatan mereka Peer Support Network tersebar luas.

“Kemarin SGRC UI baru publish kerja sama dengan Melela, Melela ini kan ngomongin coming out. Lalu posternya tersebar. Nah, di situ karena SGRC bawa nama UI, mungkin UI sepertinya keberatan karena seakan-akan terlihat bahwa UI mendukung LGBT,” tutur Nadya.

Peer Support Network adalah layanan konseling bagi mereka yang butuh tempat bercerita, khususnya terkait orientasi seksual.

“Sebelumnya kami baik-baik saja dan UI mengakui kami sebagai komunitas. Tapi karena ada poster ini tersebar, mungkin tiba-tiba UI merasa homophobic dan melarang SGRC menggunakan logo UI lagi,” katanya.

Selain itu, Nadya juga mengakui, hingga kini kegiatan SGRC manapun tidak pernah dilarang oleh pihak kampus.

“Bahkan kegiatan kita juga dipublish di UI Update,” jelasnya. UI Update adalah situs publikasi kegiatan-kegiatan mahasiswa UI.

Pihak SGRC dan UI akan segera berdiskusi terkait permasalahan ini pekan depan.

Founder Melela Rio Damar juga menjelaskan pentingnya kehadiran SGRC UI sebagai saran pendidikan seksual.

Melalui media sosial, para mahasiswa UI, alumni, serta masyarakat secara umum mengemukakan dukungannya terhadap kegiatan SGRC.

Ada pula yang mengaku terbantu dengan kehadiran SGRC UI saat ia duduk di bangku kuliah.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!