Dari peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung hingga #DukungSGRCUI

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung hingga #DukungSGRCUI
Jokowi resmikan ‘groundbreaking’ kereta cepat Jakarta-Bandung, Majalah ISIS klaim Bom Sarinah tewaskan 15 orang, dan pelatih baru Persib Dejan Antonic mulai bertugas

JAKARTA, Indonesia — Akhir pekan sudah di depan mata, berikut sejumlah berita yang terjadi selama 24 jam ke belakang.

Jokowi resmikan ‘groundbreaking’ kereta cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung pada Kamis, 21 Januari. Menurut Jokowi, proses pembangunan ini tak membebani anggaran negara. Pasalnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih difokuskan untuk pembangunan kawasan luar Jawa.

Selengkapnya di sini. 

Majalah ISIS klaim Bom Sarinah tewaskan 15 orang

Dabiq, majalah terbitan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyebut serangan di Jakarta pada 14 Januari kemarin menewaskan 15 orang. 

“Pasukan ISIS di Indonesia menargetkan kelompok kafir di Kota Jakarta, yakni warga dari negara yang berkoalisi dengan tentara salib melawan ISIS,” bunyi pernyataan ISIS di halaman 19 di majalah itu.

Padahal jumlah korban yang tercatat meninggal adalah 8 orang. Baca laporannya di sini. 

UI minta studi klub seksualitas tak gunakan nama dan logo kampus

Universitas Indonesia (UI) menyatakan bahwa Support Group and Resource Center On Sexuality Studies (SGRC UI) bukan merupakan unit kegiatan mahasiswa resmi, baik di tingkat fakultas maupun universitas, sehingga tidak dapat menggunakan nama dan logo UI dalam aktivitasnya.

“Dengan tegas UI menyatakan SGRC tidak berhak menggunakan nama dan logo UI pada segala bentuk aktivitasnya,” demikian bunyi rilis yang dipublikasikan melalui www.ui.ac.id.

SGRC UI merupakan kelompok studi terkait seksualitas dan gender secara ilmiah yang berdiri sejak tahun 2014. Selanjutnya dapat dibaca di sini. 

Pelatih baru Persib Bandung Dejan Antonic hadapi banyak PR

Dejan Antonic (ketiga kiri) bersama manajer dan direksi PT Persib Bandung Bermartabat gelar jumpa pers pada 20 Januari 2016. Foto oleh Agus Bebeng/Antara

Pelatih baru Persib Dejan Antonic mulai memimpin tim Maung Bandung pada Kamis kemarin. Dejan dianggap paling pas untuk menempati pos pelatih Maung Bandung yang ditinggalkan Djadjang Nurdjaman yang mengambil program kepelatihan di Milan, Italia. 

Tugas berat sudah menanti Dejan yang harus membuktikan untuk mengakhiri catatan buruk pelatih asing di Persib. Ia menjadi pelatih asing kedelapan yang menangani Persib. Enam dari 7 pelatih asing sebelumnya selalu dilengserkan di tengah kompetisi karena kinerja tim yang buruk.

Selengkapnya di sini. 

Leonardo DiCaprio kritik perusahaan pembakar hutan Sumatera

WEF 2016. Leonardo DiCaprio dalam forum tahunan World Economic Forum (WEF) 2016. Foto oleh Alanda Kariza

Dalam pidatonya di Forum Ekonomi Dunia (WEF), aktor Hollywood Leonardo DiCaprio mengkritik keserakahan sektor korporasi yang berujung pada rusaknya alam. 

“Kita tidak bisa membiarkan keserakahan perusahaan-perusahaan yang berasal dari industri perminyakan, batu bara, dan gas menentukan masa depan kemanusiaan,” kata DiCaprio.

“Sepanjang tahun 2015, kebakaran besar di Sumatera telah menghasilkan lebih banyak emisi karbon setiap harinya dibandingkan dengan emisi karbon yang dihasilkan oleh aktivitas perekonomian Amerika Serikat,” katanya. 

Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!