US basketball

UI dinobatkan miliki situs perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

UI dinobatkan miliki situs perguruan tinggi terbaik di Indonesia
Universitas Indonesia nomor satu di dalam negeri, diikuti ITB, UGM, UNdip, dan Universitas Riau

JAKARTA, Indonesia — Universitas Indonesia menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dengan situs terbaik di dalam negeri, menurut Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan pencapaian UI sebagai perguruan tinggi dengan situs terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata.

Menurutnya, dengan diadakannya survei ini, merupakan keberhasilan perguruan tinggi lainnya di nusantara yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan situs institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis information communication technology (ICT).

“Pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas,” kata Anis dalam rilis yang diterima Rappler, pada Minggu, 31 Januari.

Dalam skala regional Asia Tenggara, UI berada di peringkat 13. Sedangkan dalam skala global, UI menempati posisi 758 di dunia.

Perolehan ini, kata Anis, didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator, yaitu:

  1. Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google)
  2. Impact merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google)
  3. Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar)
  4. Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 adalah: 

  • Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia ; peringkat 796 di dunia)
  • Universitas Gadjah Mada (peringkat 3 ; peringkat 802)
  • Universitas Diponegoro (peringkat 4 ; peringkat 1.442) 
  • Universitas Riau (peringkat 5 ; peringkat 1.502)

Webometrics merupakan sistem perankingan perguruan tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!