Tiga bidang investasi yang ditawarkan Jokowi kepada Hongaria

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tiga bidang investasi yang ditawarkan Jokowi kepada Hongaria

ANTARA FOTO

Hongaria telah menginvestasikan dana senilai US$20 juta untuk membangun pembangkit tenaga listrik surya (PLTS).

JAKARTA, Indonesia – Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara pada Senin, 1 Februari 2016. Dalam pertemuan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menawarkan peluang investasi di tiga bidang yakni pengelolaan air, energi terbarukan, dan sistem informasi teknologi serta ekonomi digital.

“Kerjasama yang sudah dirintis di bidang pengelolaan air di antaranya proyek serupa di 34 ibu kota kecamatan di Indonesia,” kata Jokowi seperti dilansir situs Sekretariat Negara.

Sementara, di bidang energi terbarukan, Hongaria telah berinvestasi senilai US$20 juta untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Tapanuli, Sumatera Utara.

Ini merupakan kunjungan tunggal Orban dan dia memboyong hampir seluruh anggota kabinet dan 50 pengusaha. Delegasi pengusaha itu diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Hal ini menunjukkan komitmen Hongaria untuk memperkokoh hubungan dengan Indonesia,” kata Jokowi.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri, Hongaria merupakan negara mitra perdagangan ke-7 terbesar di Eropa Tengah. Dengan menjalin hubungan yang lebih erat, menjadi peluang bagi Indonesia untuk bisa masuk ke Benua Eropa dan negara anggota Uni Eropa lainnya.

Sementara, Orban menawarkan turut kerjasama di bidang pendidikan. Pemerintah Hongaria menawarkan 50 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Para pemuda ini, ujar Orban akan menjadi penerus yang memperkuat kerjasama kedua negara di masa mendatang.

Dalam kunjungannya, Orban turut memuji Indonesia karena tanggap dalam menghadapi tindak teror bom di kawasan Thamrin pada 14 Januari lalu.

“Ini merupakan rekor dunia dan menunjukkan Indonesia negara stabil,” ujar PM yang terpilih sejak tahun 2010 itu.

Orban akan melanjutkan kunjungannya pada Selasa esok dengan bertolak ke Yogyakarta. Di sana dia akan memberikan kuliah umum di Universitas Gadjah Mada dan bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubowono X. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!