LINI MASA: Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan artis Indra Bekti

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LINI MASA: Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan artis Indra Bekti
Artis Indra Bekti dilaporkan ke pihak yang berwajib oleh aktor Lalu Gigih Arsanofa dengan tuduhan pelecehan seksual

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Nama presenter Indra Bekti sedang menjadi perbincangan masyarakat pasca rekaman perbincangan yang diduga Indra Bekti dengan seorang aktor asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, bernama Lalu Gigih Arsanofa beredar di media.

Isi rekaman tersebut membahas laporan Gigih ke polisi pada Kamis, 28 Januari, atas tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Indra Bekti  kepadanya.

Simak perkembangan terkini kasus pelecehan seksual yang dituduhkan kepada suami dari Aldila Jelita ini:

Kamis, 4 Februari

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan bekerja sama dengan Dewan Pers soal laporan pengaduan tayangan terkait dugaan pelecehan seksual yang melibatkan Indra Bekti.

“(Pemberitaan) dalam bidang non jurnalistik, ada juga yang jurnalistik, kita (KPI dan Dewan Pers) akan berkoordinasi,” kata Komisioner KPI Agatha Lily, pada Kamis.

Rabu, 3 Februari

Indra Bekti melaporkan beberapa media terkait pemberitaan mengenai tuduhan pelecehan seksual yang menimpa dirinya kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Kalian memberitakan hal yang belum tentu benar, hal-hal vulgar juga ditampilkan, sehingga tidak pantas untuk ditayangkan. Dan berdampak di masyarakat juga,” ujar Indra di kantor KPI.

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum Indra Bekti Nanda Persada mengungkapkan alasan bahwa laporan tersebut dibuat karena berbagai media tersebut menayangkan berita yang tidak berimbang.

“Mewawancara satu pihak yang menyebarkan fitnah, belum ada bukti, belum ada laporan polisi, sudah di  namun sudah ditayangkan,” ujar Nanda kepada para wartawan.

Sementara pihak KPI mengaku belum mengeluarkan keputusan apapun terkait laporan tersebut.

“Apabila sebuah lembaga penyiaran, televisi, menyiarkan secara detail sesuatu yang tidak pantas itu tentunya kami akan bersikap, baik itu berupa peringatan atau teguran,” ujar komisioner KPI Rahmat M. Arifin.

Selasa, 2 Februari

Artis lain yang bernama Reza Pahlevi (RP) melaporkan Indra Bekti ke pihak berwajib atas tuduhan pelecehan seksual.

“Klien kami RP melaporkan adanya dugaan tindakan pidana. Kami telah resmi melaporkan,” kata Sapta Simon, kuasa kuasa hukum Reza Pahlevi, usai melapor ke Polda Metro Jaya, Selasa, 2 Februari.

Sapta menyatakan dugaan tindak pidana yang terjadi pada 2010 lalu tersebut terjadi saat kliennya masih di bawah umur.

RP mengaku baru berani melaporkan kejadian tersebut karena pernah diancam akan dibunuh pada 2013.

“Ada korban lain juga (Lalu Gigih), makanya saya berani,” ujar pria kelahiran 1992 itu.

Minggu, 31 Januari

Kuasa hukum Gigih, Gading Satria Nainggolan, menyatakan bahwa kliennya tidak berniat untuk mencari sensasi melalui laporan pelecehan seksual.

“Klien saya tidak mencari popularitas, kalau mencari popularitas lalu yang disebar fitnah, ada akibat hukum, kami tidak mau itu,” kata Gading pada Minggu, 31 Januari.

Gading pun menjelaskan bahwa kliennya datang ke Jakarta karena diiming-imingi pekerjaan oleh Indra. 

“Ada tawaran kerja di kantor, tapi enggak tahu travel agent atau production house punya Indra,” tambahnya. 

Namun karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang dijanjikan, Gigih akhirnya memutuskan untuk pulang ke Lombok dengang tetap menjalin komunikasi dengan Indra.

Akhirnya, lanjut Gading, Gigih dan Indra bertemu di rumah Indra pada November 2015.

“Di sana terjadi hal yang tidak diinginkan (ajakan melakukan hubungan seksual),” kata Gading.

Jumat, 29 Januari

Beredar rekaman suara yang diduga milik Indra Bekti dan Gigih yang membahas perihal laporan pelecehan seksual yang dilayangkan Gigih.

Di dalam rekaman berdurasi lebih dari 12 menit itu, suara yang diduga milik Indra Bekti meminta agar Gigih tidak melanjutkan laporannya itu.

“Kalau memang cara aku salah ya yang mungkin yang waktu itu kamu nggak mau ya sudah. Berarti, kalau misalnya kamu mau pulang ke Lombok, ya sudah aku bayarin, tapi jangan beginilah. Aku nggak mau ada laporan itu,” ujar suara yang diduga milik Indra Bekti tersebut.

Indra Bekti pun memberikan tanggapan terhadap beredarnya rekaman serta laporan tersebut dan menganggap Gigih hanya ingin mencari sensasi.

Kamis, 28 Januari

Gigih melaporkan Indra Bekti ke pihak kepolisian perihal pelecehan seksual yang dilakukan Indra kepadanya.

Namun pihak kepolisian menolak laporan tersebut dan meminta Gigih dan kuasa hukumnya untuk mencari tahu definisi kesusilaan ke ahli bahasa. —Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!