Berkat media sosial, seorang penderita kanker akhirnya mendapatkan pertolongan

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berkat media sosial, seorang penderita kanker akhirnya mendapatkan pertolongan
Ibu Rosida berkali-kali ditolak oleh pemilik kontrakan karena kankernya menimbulkan bau yang menusuk hidung.

JAKARTA, Indonesia—Media sosial sekali lagi membuktikan manfaat nyatanya. Seorang penderita kanker payudara di Cibinong, Jawa Barat, bernama Ibu Rosida mendapatkan berbagai bantuan setelah sepupu iparnya, Ibu Titin Yuliana, mengunggah foto keadaannya di Path.

“(Ibu Rosida) udah lama kankernya, tapi karena keadaan jadi didiemin aja. Pas sudah parah begini, saudara juga hanya bisa membantu sekedarnya karena keluarga juga kurang mampu. Saya pun hanya cukup untuk makan,” ujar Ibu Titin saat dihubungi Rappler pada Sabtu, 6 Februari.

Ibu Rosida merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki satu orang anak dan sudah tidak mempunyai suami. Menurut keterangan Ibu Titin, Ibu Rosida juga ditolak oleh beberapa penyedia kontrakan karena kankernya menimbulkan bau busuk.

“Dia enggak punya tempat tinggal, jadi dia tinggal sama kakaknya. Kakaknya juga keadaannya sederhana, tinggal di pabrik batako. Kakaknya juga tidak punya suami,” tutur Ibu Titin.

“Sekarang keadaannya udah enggak bisa apa-apa, itu juga ditaruh di gerobak, soalnya keadaannya udah bau. Habis sudah enggak bisa jalan, makan masih mau, tapi apapun di situ deh, di gerobak itu.”

Saat ini Ibu Titin tinggal bersama kakaknya di Kampung Muara Beres RT.04 RW.03, Gang Swadaya, Cibinong, Jawa Barat.

Kondisi Ibu Rosida semakin parah karena keadaan keuangan yang terbatas membuatnya kesulitan mendapatkan bantuan medis.

“Sebenarnya dia punya BPJS, tapi dia bilang hilang,” terang Ibu Titin. “Sebelumnya pernah dibawa tapi dokter bilang ya begitu lah, karena orang enggak punya, jadi dokter ada yang bilang enggak bisa.”

Namun keadaan mulai berubah pasca Ibu Titin mengunggah informasi tentang sepupu iparnya itu di Path. Selain berbagai bantuan finansial yang datang, bantuan medis juga mulai menghampiri. 

“Alhamdulillah, karena dimasukin di Path, sudah mulai ada yang membantu. tim medis dari Dharmais udah mau datang ke sana,” ujar Ibu Titin.—Rappler.com

BACA JUGA: 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!