Menaker: Pelatihan solusi cepat menekan pengangguran

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menaker: Pelatihan solusi cepat menekan pengangguran

ANTARA FOTO

Angkatan tenaga kerja Indonesia saat ini didominasi oleh mereka yang berpendidikan SMA ke bawah.

JAKARTA, Indonesia — Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengungkapkan bahwa tak perlu lagi meributkan isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang sebagian kebenarannya tak dapat dipertangungjawabkan.

Ia menyarankan para pemangku kepentingan untuk fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagai solusi agar calon pekerja tak menjadi pengangguran. 

Caranya, menurut Hanif, akses dan mutu pelatihan kerja dengan sertifikasi kompetensi harus ditingkatkan. Lagi menurut Hanif, profil angkatan kerja Indonesia saat ini  banyak didominasi oleh mereka yang berpendidikan SMA ke bawah. 

Dia mengaku sulit mendorong kelompok angkatan kerja kembali ke bangku sekolah. Padahal, dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki, mereka mendapat kesulitan untuk memperoleh pekerjaan yang layak.  

Anda tidak mungkin sarankan anak muda usia 18 tahun ke atas yang hanya lulus SD/SLTP/SLTA untuk skolah lagi bukan? Hasrat dan kepentingan mereka sudah berbeda. Mereka sudah ingin menikah dan bekerja cari uang. Sekolah lagi enggak mungkin, tapi mau kerja enggak bisa karena enggak punya skill. Jadinya menganggur,” cuit Hanif di Twitter. 

Karena itu, pelatihan kerja dengan sertifikasi kompetensi menjadi solusi cepat supaya mereka dapat terserap oleh pasar tenaga kerja atau menjadi wirausahawan. 

Berikut ini paparan lengkap Hanif yang ia cuitkan melalui akun Twitternya @hanifdhakiri: 

— Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!