‘Flight recorder’ Super Tucano ditemukan

Dyah Ayu Pitaloka

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Flight recorder’ Super Tucano ditemukan
Tim juga mencari tahu mengapa Serma Syaiful tak keluar dari pesawat

MALANG, Indonesia – Proses evakuasi bangkai pesawat Super Tucano yang jatuh di Malang, Jawa Timur Rabu, 10 Februari, dinyatakan tuntas Kamis, 11 Februari.

Jenazah Serma Syaiful yang berada di kokpit pesawat juga dievakuasi tanpa kendala dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Suropati Kota Malang.

“Proses evakuasi terakhir sudah selesai pukul 10 pagi hari ini,” kata Dan Lanud Abdulrcahman Saleh Malang Marsma Djoko, Kamis 11 Februari 2016.

Pihak TNI AU telah mengangkat mesin dan juga menemukan flight recorder dalam kondisi yang tak utuh pada Rabu petang 10 Februari 2016.

Djoko melanjutkan semua temuan di lapangan akan dibawa ke markas besar TNI di Jakarta, termasuk flight recorder, emergency locator transmitter dan bagian mesin yang telah diamankan petugas.

Flight recorder akan membantu mengetahui apa yang terjadi dengan menunjukkan rekaman pembicaraan antara pilot dan Juru Mesin Udara serta lokasi terjadinya kecelakaan itu.

“Sangat membangu mencari tahu, nanti ada tim khusus yang memang dibekali kemampuan membacanya,” kata Kadis Ops TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Fairlyanto.

Hasil evaluasi juga diharapkan bisa membantu TNI AU untuk mengetahui mengapa parasut milik pilot terjatuh dan terpisah 2 kilo dari temuan jasad dan kursi lontarnya.

Begitu pula mengapa jasad Sersan Mayor Syaiful Arief Rakhman tak ikut terlontar keluar dan ditemukan di dalam kokpit pesawat. Sedangkan hasil pengamatan awal menunjukkan kursi pelontar pilot bekerja dengan baik.

“Memang satu kursi terlontar, tetapi satu tidak, ini kita cari mengapa bisa demikian” tuturnya.

Sementara pantauan dilokasi, alat berat masih beroperasi di lokasi jatuhnya pesawat. Warga pun antusias melihat proses tersebut. Tim juga masih menemukan serpihan bangkai pesawat dan potongan tubuh di lokasi.

“Kami masih menemukan serpihan pesawat dan potongan tubuh yang langsung dimakamkan,” imbuhnya. Setelah proses evakuasi tuntas, pengamanan lokasi akan diserahkan pada aparat kepolisian setempat. – Rappler.com 

BACA JUGA:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!