5 fakta tentang Saipul Jamil

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 fakta tentang Saipul Jamil
Memulai kariernya sebagai anggota ‘boyband’ dangdut G4UL

JAKARTA, Indonesia — Artis Saipul Jamil sedang menjadi topik perbincangan publik.

Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadikan penyanyi dangdut itu sebagai tersangka kasus pelecehan seksual terhadap seorang remaja pria 17 tahun di kediamannya di kawasan Kelapa Gading.

Pria yang telah menikah dua kali itu terancam dijerat pasal 82 UU Perlindungan Anak dengan ancaman penjara 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar. 

Berikut beberapa hal tentang karier dan kehidupan Saipul Jamil.

1. Boyband G4UL 

Saipul memulai kariernya di dunia musik dangdut sebagai salah satu anggota boyband G4UL.

Bersama tiga rekannya, Adibal, Eka Safta, dan Dian, G4UL sempat menelorkan album Jalan Datar yang menjadi hit pada 2002.

2. Multi-talenta

Selain sebagai penyanyi dangdut, Saipul juga sering tampil di layar kaca sebagai presenter. Sebelum kasus pelecehan seksual yang melibatkan namanya terkuak, Saipul merupakan pembawa acara sekaligus juri tetap dari kontes dangdut D’Academy di Indosiar.

Saipul juga sempat membintangi film layar lebar di antaranya film Setan Budeg (2008), Pijat Atas Tekan Bawah (2009), dan Arwah Kuntilanak Duyung (2011).

3. Dua kali menikah

Saipul juga sempat menjadi perbincangan masyarakat saat ia bercerai dari istri pertamanya sesama pedangdut Dewi Perssik.

Pasangan tersebut menikah selama empat tahun sebelum bercerai pada 2008.

Pada Maret 2011, Saipul kembali menikah dengan penyanyi dangdut bernama Virginia Anggraeni. Namun pernikahannya hanya berlangsung beberapa bulan karena Virginia meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan maut di tol Cipularang, pada September 2011. 

4. Sarjana Hukum

Meskipun sibuk dalam dunia keartisan, Saipul tidak melupakan dunia pendidikan.

Saipul mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Bung Karno, Jakarta, pada 2013 setelah berkuliah selama empat tahun di jurusan Hukum Perdata.

5. Mantan calon wakil wali kota Serang

Sebagai pria kelahiran kota Serang, Banten, Saipul pernah dicalonkan sebagai Wakil Wali Kota Serang mendampingi ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Serang Ruhyadi Kirtam Sanjaya pada Pilkada 2008 silam.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!