Dubes Malaysia: Kami tidak akan sponsori Rio Haryanto

Santi Dewi

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dubes Malaysia: Kami tidak akan sponsori Rio Haryanto

ANTARA FOTO

Menpora Imam Nahrawi sempat mengaku galau jika Malaysia akan mensponsori Rio Haryanto berlaga di Formula 1

JAKARTA, Indonesia — Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim membantah pemberitaan yang mengatakan negaranya akan membiayai pebalap Formula 1 Rio Haryanto. Informasi itu dia peroleh setelah berkoordinasi dengan Badan Pariwisata Malaysia di Kuala Lumpur. 

“Tidak ada fakta atau pernyataan dari Badan Pariwisata Malaysia bahwa mereka telah menghubungi Rio Haryanto,” kata Zahrain kepada Rappler dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, pada Jumat, 26 Februari.

“Dari mana berita itu berasal, kami juga tidak tahu,” akunya.

Zahrain menyatakan bahwa Malaysia tidak berniat dan tidak pernah ada rencana untuk memberikan sponsor bagi Rio.

Kami tidak berniat dan tidak berencana untuk memberikan sponsor bagi Rio Haryanto. Tapi ini tidak bermakna bahwa kami tidak bahagia melihat Rio masuk ke dalam tim F1,” ujarnya.

Sebab, pebalap berusia 23 tahun itu berasal dari Indonesia dan tergolong satu rumpun dengan Indonesia. Selain itu, dengan masuknya Rio ke tim F1, maka akan mendorong banyak WNI untuk menonton dia bertanding di Sepang, Malaysia. 

“Rencananya pertandingan F1 di Sepang akan digelar pada bulan September mendatang dan kami yakin akan ada banyak warga Indonesia yang datang untuk menyaksikan Rio bertanding,” kata Zahrain. 

Menurut Zahrain, pebalap asal Malaysia yang berlaga dalam Formula 1 tidak pernah disponsori oleh negara. Sponsor biasanya diberikan oleh perusahaan swasta seperti Petronas atau Proton. 

“Pemerintah tidak pernah mensponsori pebalap Malaysia, jadi untuk apa kami memberikan sponsor bagi Rio?”, tanya dia.

Namun, dia tidak menampik Formula 1 merupakan industri bisnis yang besar bagi Malaysia. Sebagai pionir yang memiliki sirkuit F1 di kawasan Asia Tenggara, Negeri Jiran melakukan promosi besar-besaran ketika musim tanding dimulai.  Zahrain menyebut Malaysia turut diuntungkan dari bisnis tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi mengatakan bahwa ia menerima laporan bila Negeri Jiran tersebut akan mensponsori Rio untuk berlaga dalam Formula 1.

“Semalam dengar ya (disponsori Malaysia),” kata Imam kepada wartawan di Jakarta, pada Rabu, 24 Februari.

“Yang pasti kalau itu terjadi, paling tidak tentu saya yang akan galau,” ujarnya. 

Rio total harus membayar 15,5 juta euro (sekitar Rp 225 miliar) kepada Manor Racing untuk bisa memperkuat tim balap asal Inggris tersebut. 

Saat ini ia sudah resmi membayar kepada Manor sekitar 5 juta euro dan kekurangan sekitar 10 juta euro atau setara Rp147 miliar lagi harus dibayarkan paling lambat Mei 2016. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!