Kata Kim Kurniawan tentang Persib, Bobotoh, dan sepakbola nasional

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kata Kim Kurniawan tentang Persib, Bobotoh, dan sepakbola nasional
Kim Jeffrey Kurniawan masuk sebagai salah satu nominasi Favourite Asian Sports Star di Nickelodeon’s Kids Choice Awards 2016

JAKARTA, Indonesia — Pasca kekalahan Persib Bandung dari Arema Cronus dalam ajang Bali Island Cup, pada 23 Februari lalu, Rappler berkesempatan berbincang-bincang dengan bintang terbaru Persib, Kim Kurniawan.

Pria bernama lengkap Kim Jeffrey Gonzales Kurniawan ini lahir di Mühlacker, Jerman, 23 Maret 1990.

Putra dari pasangan Uschi yang berkebangsaan Jerman dan Petrus Kurniawan, seorang warga negara Indonesia keturunan Tionghoa, ini secara resmi dinaturalisasi pada Desember 2010, satu bulan setelah naturaliasi Cristian Gonzales.

Darah sepakbola mengalir padanya lewat kakeknya, Kwee Hong Sing, yang merupakan pemain Persija Jakarta dan tim nasional Indonesia pada tahun 1950-an.

Sebelum bermain untuk Persib pada Februari 2016, Kim Kurniawan sempat bermain untuk Persema Malang (2011-2013) dan Pelita Bandung Raya (2013-2016).

Pemain yang selalu mengenakan nomor punggung 23 sepanjang karirnya di Indonesia ini merupakan adik dari Jennifer Bachdim, istri dari pesepakbola Irfan Bachdim.

Kim Kurniawan masuk sebagai salah satu nominasi Nickelodeon’s Kids Choice Awards 2016 untuk kategori Favourite Asian Sports Star, bersaing dengan atlet asia lainnya yaitu pemain basket Filipina Jeron Teng, pemain sepakbola Singapura Irfan Fandi, serta diver asal Malaysia Pandelela Renong.

Dalam wawancara eksklusif dengan Rappler, Kim mengutarakan perasaannya tentang bermain di hadapan para Bobotoh — julukan bagi pendukung Persib — serta harapannya untuk persepakbolaan Tanah Air.

Berikut hasil perbincangan kami:

Bagaimana rasanya kalah dari Arema di pertandingan kemarin?

Tentu saya kecewa, karena saya baru saja bergabung dengan Persib dan sangat ingin memenangkan turnamen ini, meskipun hanya kompetisi kecil. Saya ingin membawa pulang piala ke Bandung, jadi hasil kemarin membuat saya kecewa.

(BACA: Arema Cronus juarai Bali Island Cup 2016)

Bagaimana sambutan para Bobotoh?

Bobotoh sangat berbeda dengan suporter tim lain yang pernah saya bela. Everything is about Persib. Mereka sangat sangat mencintai Persib. Mereka benar-benar mendukung tim. Jadi, saya benar-benar senang bahwa sekarang mereka juga mendukung saya.

Sebagai bagian dari tim, saya sangat senang melihat para Bobotoh berbondong-bondong datang ke Bali. Ada yang datang dari Bali, ada pula yang harus melewati perjalanan berjam-jam untuk menonton kami bermain. Saya benar-benar bangga bisa bermain di depan mereka. Sehingga saat kami kalah dan melihat mereka sedih, kami juga ikut sedih. Karena kami memberikan yang terbaik di dalam lapangan, dan mereka memberikan yang terbaik dari luar lapangan.

Dukungan Bobotoh juga saya rasakan saat pertandingan persahabatan melawan Bali United di Stadion Siliwangi, Bandung. It was really amazing. Mungkin karena mereka merindukan aksi para pemain, mereka bahkan tiba di stadion sebelum pertandingan dimulai dan memberikan semangat. Stadion benar-benar penuh dengan Bobotoh. Saya rasa setiap tim yang bertanding melawan kami di Siliwangi pasti akan kesulitan.

Apa arti nomor 23?

Alasan pertama, 23 adalah tanggal lahir saya. Tapi bukan hanya itu. Nomor punggung 23 juga digunakan oleh David Beckham saat bermain untuk Real Madrid, dan saya selalu mengidolakan dia. Jadi ketika saya diminta mengenakan nomor 23, saya langsung bersedia.

Selain sepakbola, kegiatan apa lagi yang sedang kamu jalani?

Harus selalu ada rencana ke depan karena pemain sepakbola hanya bisa berkarir hingga usia 35 atau 40 tahun. Jadi saya sudah memulai beberapa bisnis sampingan berupa restoran dan clothing line, sehingga nantinya saya tetap bisa menghidupi keluarga.

Apa harapan kamu untuk sepakbola Indonesia?

Saya rasa, sebagai pemain, kami tetap harus optimis. Kami tidak memiliki pengaruh yang besar soal keputusan ini. Kami hanya bisa bermain dan melakukan pekerjaan kami. Saya yakin tidak lama lagi liga akan segera dimulai.

Setelah itu, saya harap, perlahan-lahan, kita dapat membatalkan ban dari FIFA, sehingga kita bisa kembali memiliki tim nasional dan berkompetisi di turnamen internasional. Tim nasional sangat penting, baik bagi bangsa Indonesia maupun bagi para pemain, karena bermain untuk tim nasional memberikan kebanggaan tersendiri. I hope in the near future everything is gonna be good again.

Bagaimana rasanya masuk dalam nominasi Favourite Asian Sports Star di Nickelodeon’s Kids Choice Awards tahun ini?

Awalnya saya kaget saat pertama kali mendengar tentang nominees ini. Ini hal yang besar, karena saya dinominasikan oleh Nickelodeon yang berasal dari luar Indonesia. Saya sangat bangga bisa menjadi salah satu nominasi, dan saya berterima kasih kepada Nickelodeon dan tentu pada fans yang terus mendukung saya. Saya harap saya bisa memenangankan penghargaan ini dan mengharumkan nama bangsa di mata internasional.

—Rappler.com

Nickelodeon’s Kids Choice Awards 2016 akan disiarkan pada 14 Maret, mulai pukul 10:30 WIB. Dukungan untuk Kim Jeffrey Kurniawan dapat diberikan lewat situs kca2016.com atau via Twitter dengan menulis tagar #VoteKimID dan #KCA.

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!