WBA vs Manchester United: Tempel ketat tetangga dekat

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

WBA vs Manchester United: Tempel ketat tetangga dekat

Laurence Griffiths

Empat kemenangan beruntun diraih Manchester United di semua ajang. Semoga WBA adalah korban berikutnya.

JAKARTA, Indonesia – Manajer Manchester United Louis van Gaal memang bukan pelatih ideal. Tapi, fans harus mengakui bahwa di tangannya, United mampu lolos di babak-babak krusial.

Pekan lalu, saat semua tim empat besar meraih hasil tidak maksimal, tim berjuluk Setan Merah itu menang tipis atas Watford 1-0. Padahal, Arsenal tunduk di tangan Swansea City 1-2 sedangkan Tottenham Hotspur kalah atas West Ham United 0-1.

Sebelumnya, Van Gaal juga membawa timnya menang 3-2 atas Arsenal di Old Trafford, markas United. Bahkan, mereka meraih empat kemenangan beruntun di semua ajang.

Saat ini, peluang untuk kembali ke empat besar terbuka lebar. Mereka hanya berselisih tiga angka dari penghuni peringkat tersebut. Sang tetangga, Manchester City, berada di posisi empat dengan poin 50.

United hanya butuh menang atas West Bromwich Albion (WBA) pada Minggu, 6 Maret, pukul 23.00 WIB untuk terus menempel ketat tim berjuluk The Citizens tersebut.

Memang, pasukan Manuel Pellegrini masih punya tabungan satu laga lagi. Namun kemenangan melawan WBA bakal terus membuat harapan United kembali finis di zona Liga Champions tetap terbuka. Apalagi, empat besar adalah target paling realistis. Jika tidak, bermain di ajang Europa League bakal mengganggu neraca keuangan jawara 20 kali Liga Primer itu.

“Kami harus melangkah setapak demi setapak. Kami sekarang punya kemenangan beruntun empat kali. Itu fantastis!,” katanya seperti dikutip BBC.

Upaya untuk meraih kemenangan seharusnya lebih mudah bagi United. Sebab, mental mereka terus terbang tinggi. Meski dilanda badai cedera, namun para pemain pengganti justru membuktikan bahwa mereka mampu berada di level pemain senior.

Ketiadaan dua striker Wayne Rooney dan Anthony Martial memberi ruang yang leluasa bagi Marcus Rashford. Pemain 18 tahun itu mencetak empat gol dan satu assist dalam dua penampilannya.

Dalam laga melawan WBA, Martial kemungkinan sudah bisa diturunkan. Tapi, Van Gaal tampaknya akan menempatkannya sebagai penyerang sayap agar Rashford bisa berperan di ujung tombak.

Selain itu, Van Gaal jelas lebih tenang karena beberapa bek sudah pulih dari cedera. Matteo Darmian sudah tampil dalam laga melawan Watford sejak absen Februari lalu. Begitu juga Chris Smalling dan Cameron Borthwick-Jackson yang absen di laga melawan Watford. Mereka kemungkinan bisa diturunkan.

Perkiraan line up West Bromwich Albion vs Manchester United. Sumber: Whoscored.com

Van Gaal mengakui, kembalinya sejumlah pemain dari cedera adalah kabar menggembirakan bagi dirinya. Namun, opsi yang tersedia untuknya tetap sedikit. “Setiap pekan saya selalu mengalami masalah dalam menentukan line up,” katanya.

Kata Van Gaal, pemain yang kembali tidak bisa langsung berada pada level saat dia sebelum cedera. Dia mencotohkan bek kiri yang mengalami cedera panjang Marcos Rojo.

“Saya tidak bisa memainkan Rojo penuh. Pelan-pelan, minute-play dia ditambah,” katanya. “Dan saya harus melakukannya dengan pertandingan Liga Primer yang ketat,” imbuhnya.

Upaya United untuk mengalahkan WBA juga didukung rekor. Sepanjang 11 laga melawan klub berjuluk The Baggies itu, United tak pernah kalah. Rinciannya, 9 kemenangan dan 2 seri.

Kekalahan terakhir United di Hawthorns, kandang WBA, terjadi pada 1984 silam dengan skor 0-2

Manajer WBA Tony Pulis mengakui, sang tamu membawa ancaman cukup serius. Namun, dia tetap fokus dengan target tim. Meraih poin 40 musim ini demi bisa bertahan di Liga Primer. Saat ini, WBA sudah meraih 36 angka.

“Semua orang ingin kami meraih poin 40. Kami ingin segera mencapainya secepat mungkin,” katanya. –Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!