Indonesia wRap: Merayakan gerhana matahari di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: Merayakan gerhana matahari di Indonesia
Simak mitos yang terjadi setiap gerhana matahari sejak ribuan tahun lalu


Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) berkunjung ke langit Indonesia hari ini.

GMT melewati setidaknya 12 provinsi, dari arah barat ke timur, melewati Palembang, Sumatera Selatan, hingga ke Halmahera, Maluku Utara, dan berlanjut ke bagian utara Samudera Pasifik.

Jika wilayahmu tidak dilewati GMT, kamu bisa menyimak secara langsung di Rappler Indonesia.

Bekerjasama dengan Slooh Community Observatory, Rappler akan menyiarkan gerhana secara langsung. Slooh juga mengirimkan astronomer Paul Cox yang akan memandu siaran bersama tim dari Institute of Astrophysics of the Canary Islands.

Siaran langsung akan dimulai pukul 06:00 WIB atau 07:00 WITA atau 08:00 WIT. Setelahnya, kamu juga bisa menyaksikan siaran ulangnya.

Yang perlu kamu tahu tentang Gerhana Matahari Total

Di Indonesia, peristiwa GMT juga sempat terjadi pada 1983, 1988, dan 1995. GMT berikutnya diprediksi baru akan kembali melewati Indonesia pada 2023 dan 2042.

Yang menarik dari GMT tahun ini, Indonesia adalah negara satu-satunya yang dapat menyaksikan fenomena langka ini secara langsung. GMT hanya akan melewati 12 provinsi di Indonesia serta bagian utara dari Samudera Pasifik.

Gerhana matahari tahun ini pertanda mara bahaya?

Teror gerhana memang menakutkan bagi penguasa. Suiko, permaisuri agung Jepang, wafat di bawah temaram gerhana pada 15 April 628. Begitu pula Louis dari Bavaria (Prancis, 20 Juni 840), Henry I (Inggris, 2 Agustus 1133), juga Panembahan Senopati (Jawa, 1601). Demonstrasi kekuatan alam yang absolut terbukti ampuh menohok mental dan keangkuhan raja-raja manusia di dunia. 

Di Indonesia, respon mencegah kepanikan ala pemerintah Orde Baru terhadap gerhana matahari 11 Juni 1983, lebih tepat dikatakan sebagai solusi berujung pembodohan massal. Selengkapnya baca di sini.

Saat Nyepi bersama dengan gerhana matahari 
Umat Hindu di Bali akan merayakan Hari Raya Nyepi pada 9 Maret. Pada hari yang sama, umat Islam di Bali juga akan melangsungkan ibadah salat gerhana matahari. Padahal, sejatinya seluruh masyarakat Bali, tak terkecuali umat Islam di Pulau Dewata tersebut, tak diperkenankan melakukan aktivitas.

Namun, berdasarkan kesepakatan antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali dan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) memutuskan umat Islam diperbolehkan untuk menggelar salat gerhana di luar rumah.

 

Palembang merayakan Gerhana Matahari Total
Beberapa kota yang dilewati gerhana menyiapkan perayaan meriah. Tak terkecuali Palembang. Pemerintah Kota Palembang telah menyiapkan serangkaian acara untuk menyambut wisatawan yang datang ke kota pempek itu untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

Pengamatan fenomena alam itu akan dipusatkan di kawasan sekitar Jembatan Ampera, di mana Pemkot Palembang telah menyiapkan setidaknya lima lokasi. Simak liputan langsung Rappler dari Palembang di sini.—Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!