SAKSIKAN: Gerhana Matahari Total tertutup asap, turis pasrah

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Gerhana Matahari Total tertutup asap, turis pasrah
Gerhana Matahari Total di langit Palembang tidak terlihat jelas karena asap yang ditimbulkan dari 'plant' Pupuk Sriwijaya


PALEMBANG, Sumatera Selatan–Ribuan warga dan turis berkumpul di atas Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu pagi, 9 Maret, untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT).

Sejak matahari terbit sekitar pukul 6:00 WIB, langit di arah timur Palembang terlihat tertutup awan hitam. Ternyata awan hitam tersebut bersumber dari plant pabrik Pupuk Swijaya yang berada di sisi hulu Sungai Musi, sebelah Timur Laut Kota Palembang. Akibatnya, gerhana matahari sebagian hanya nampak selama beberapa saat, sedangkan proses menuju gerhana matahari total sama sekali tak terlihat.

Hal tersebut pun membuat turis yang sengaja datang ke Palembang sedikit kecewa. Seorang warga Inggris Ben yang sengaja mengajak anaknya Sally dan Candy dari Jakarta untuk melihat gerhana pun mengaku sedih, namun ia menyadari bahwa hal tersebut tidak dapat dihindari. “That’s life,” kata Ben.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!