Polda Metro kumpulkan bukti kematian peserta lomba makan ayam di KFC

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polda Metro kumpulkan bukti kematian peserta lomba makan ayam di KFC
Siapa paling bertanggung jawab?

 

JAKARTA, Indonesia — Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Iqbal mengatakan polisi saat ini sedang melakukan pengumpulan bukti dan saksi terkait kematian Fredy Jayadi (45 tahun), warga Duri Kosambi, Jakarta Barat, yang meninggal dunia diduga akibat tersedak tulang, saat mengikuti perlombaan makan ayam selama 5 menit berhadiah Rp 5 miliar. 

“Ada dua saja yang akan kami lakukan, pertama memastikan penyebab. Penyebab itu, meninggalnya apakah wajar akibat tersendak ataukah ada perbuatan pidana di situ, itu yang akan kami lakukan,” kata Iqbal, Minggu, 13 Maret. 

Benarkah Fredy tersedak? “Nanti dokter yang diagnosa,” katanya. 

Iqbal menambahkan, polisi juga menyelidiki indikasi kelalaian dari panitia. 

Lalu siapa yang paling bertanggung-jawab? “Ya, kami fokus saat ini melakukan penyelidikan, ya yang bertanggung jawab secara acara memang adalah panitia. Ada yang mengawasi dan sebagainya,” katanya.  

Akan tetapi, perbuatan jahat atau pidana yang melanggar perbuatan pidana itu belum bisa dipastikan. “Maka dari itu kita mulai dari pemeriksaan saksi, terus juga melakukan otopsi,” ujarnya. 

Hingga saat ini, kata Iqbal, belum ada pengakuan dari panitia soal kelalaian itu. Polisi akan memastikannya dengan menyelidiki dugaan pelanggaran standard operating procedure-nya. 

Sebelumnya, Fredy tewas setelah tersedak saat mengikuti lomba makan ayam di gerai Kentucky Friend Chicken di Jakarta.

“Korban tersedak langsung minum air putih kemudian diberikan pertolongan namun dokter menyatakan nyawa korban tidak tertolong,” kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Cengkareng Ajun Komisaris Polisi M. Taufik Iksan, pada Jumat, 11 Maret.

Taufik menjelaskan kronologis kejadian ketika panitia mengadakan perlombaan makan sayap ayam KFC 5 menit hadiah 5 M di KFC Taman Semanan Cengkareng, Jakarta Barat, yang telah berlangsung sejak 3 Maret 2016.

Pada Jumat, 11 Maret, pukul 14:00 WIB, panitia memulai perlombaan dengan diikuti tiga orang peserta salah satunya korban, Fredy.

Panitia memberi tiga potong sayap ayam yang disantap peserta secepatnya untuk menentukan pemenangnya.

Taufik menuturkan korban telah menyantap tiga potong sayap ayam namun mendadak tersedak sehingga Fredy minum air putih.

Panitia perlombaan berusaha memberikan pertolongan dan membawa korban ke Klinik Yasa Husada namun dokter jaga menyatakan Fredy telah meninggal dunia.

Selanjutnya, petugas membawa jasad korban ke Rumah Sakit Polri untuk proses otopsi dan mengetahui penyebab kematian.

Taufik mengatakan penyidik kepolisian juga memeriksa panitia penyelenggara, karyawan KFC, peserta dan penonton yang menyaksikan perlombaan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!