Jokowi akan tentukan nasib kelanjutan proyek Hambalang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi akan tentukan nasib kelanjutan proyek Hambalang
Badan penelitian dan pengembangan di Kementerian PUPR akan memeriksa labilitas tanah dan juga struktur bangunan yang terbengkalai. Kemudian, Jokowi akan menentukan kegunaan lahan tersebut

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KUPR) untuk memeriksa kondisi tanah di lokasi Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Jawa Barat.

Jokowi ingin memastikan keamanan pada fasilitas sarana dan prasarana P3SON yang sudah lama terbengkalai.

Ia mengatakan akan segera memutuskan bersama Menteri KUPR Basuki Hadimuljono tentang kelanjutan dari pengurusan kawasan itu.

“Oleh sebab itu, hari ini saya ingin melihat langsung, mengecek langsung untuk melihat kondisi riilnya seperti apa, karena apa pun ini sudah menghabiskan anggaran triliunan rupiah yang perlu keputusan apakah dilanjutkan atau tidak,” ujar Jokowi usai berkunjung ke kawasan Hambalang pada Jumat, 18 Maret.

Keputusan akan diambil Jokowi, usai Kementerian PUPR melakukan pemeriksaan. Dari sana, pemerintah akan memutuskan lahan tersebut akan digunakan untuk apa. Sarana dan prasarana P2SON memiliki luas hingga 32 hektare.

“Apakah masih seperti lama untuk sekolah olahraga atau mungkin diubah, bisa saja. Diubah menjadi Wisma Atlet misalnya, atau diubah menjadi pelatnas atau diubah menjadi rusunawa,” papar Jokowi.

Badan penelitian dan pengembangan di Kementerian PUPR akan memeriksa labilitas tanah dan juga struktur bangunan yang terbengkalai. Salah satu yang terbengkalai antara lain pondasi atau besi kerangka bangunan.

“Ini yang akan dicek semuanya secara total. Nanti, mungkin satu atau dua minggu lagi setelah itu kami akan mengadakan rapat terbatas untuk memutuskan mengenai hal yang tadi saya sampaikan,” tutur Jokowi.

Pembangunan proyek sarana dan prasarana P2SON di Hambalang menggunakan anggaran 2010-2012. Proyek itu mangkrak akibat terbelit kasus korupsi. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!