Wisatawan Australia kini bisa berkunjung ke Indonesia tanpa visa

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Wisatawan Australia kini bisa berkunjung ke Indonesia tanpa visa

ANTARA FOTO

Kementerian Pariwisata berharap dengan memberikan bebas visa, akan lebih banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) untuk memberikan fasilitas bebas visa kunjungan bagi kunjungan 169 negara, termasuk Australia. Perpres Nomor 21 tahun 2016 mengenai bebas visa kunjungan diteken Jokowi pada 2 Maret dan telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Dalam Perpres tersebut tertulis pemerintah memberikan bebas visa kunjungan kepada penerima bebas visa kunjungan dengan memberikan asas timbal balik dan asas manfaat. Fasilitas bebas visa juga tidak diberikan untuk kepentingan jurnalistik.

“Penerima bebas visa kunjungan diberikan izin tinggal kunjungan untuk waktu paling lama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang masa berlakunya atau dialihstatuskan menjadi izin tinggal lainnya,” bunyi Pasal 4 ayat 1 dan 2 dari Perpres tersebut dan dikutip laman Sekretariat Kabinet.

Perpres itu juga mengatur dalam keadaan tertentu yang berkaitan dengan keamanan negara dan kesehatan masyarakat, Menkumham dapat menghentikan sementara fasilitas bebas visa kunjungan untuk negara, pemerintahan wilayah administrasi khusus suatu negara atau entitas tertentu.

Tidak imbal balik

Kendati Pemerintah Indonesia memberikan fasilitas bebas visa bagi warga Australia, Negeri Kanguru justru tak memberlakukan kebijakan serupa.

“Kebijakan kami adalah tetap (tak memberikan bebas visa), tidak ada pengecualian,” ujar Menteri Luar Negeri Julie Bishop pada Maret 2015.

Padahal, sebelumnya pemerintah telah memberikan fasilitas visa kedatangan bagi turis Australia. Artinya, mereka bisa mengurus visa ketika tiba di Indonesia.

Melalui kebijakan bebas visa ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap jumlah turis Australia yang berkunjung ke Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan informasi yang dimiliki oleh KBRI Canberra, hampir satu juta turis Australia berkunjung ke Indonesia setiap tahun. Walaupun sebagian besar dari mereka masih berkunjung ke Bali. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

BACA JUGA:

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!