Indonesia pengguna VPN tertinggi di dunia

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia pengguna VPN tertinggi di dunia
Alasan utama masyarakat Indonesia gunakan VPN adalah untuk mengakses situs-situs yang diblokir pemerintah

JAKARTA, Indonesia — Pengguna Internet di Indonesia sempat dibuat resah dengan blokir yang dilakukan oleh pemerintah terhadap situs-situs seperti Vimeo, Tumblr, dan Reddit. Namun situs-situs tersebut sebenarnya tetap bisa kita akses dengan Virtual Private Network (VPN). 

Melalui VPN, masyarakat bisa seolah-olah berada di luar Indonesia, sehingga tetap bisa mengakses situs-situs yang diblokir tersebut.

Hal ini ternyata sudah bukan rahasia lagi untuk para pengguna internet di Indonesia. Sebuah survei yang diadakan oleh GlobalWebIndex menunjukkan bahwa persentase penggunaan VPN di Indonesia mencapai angka 41 persen. 

Angka ini merupakan yang tertinggi di dunia, mengungguli Thailand dengan 39 persen, serta Brasil, Arab Saudi, Turki, dan Uni Emirat Arab yang masing-masing mencapai 36 persen.

Sebuah rahasia umum

Data penggunaan VPN di dunia

Head of Trends at Market Research dari GlobalWebIndex, Jason Mander, mengatakan bila VPN sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak umum. 

“Padahal, sebenarnya penyebaran VPN sudah sangat luas. Satu dari empat orang di dunia menggunakannya secara rutin,” kata Mander.

Setiap tahunnya, GlobalWebIndex melakukan survei terhadap 200.000 pengguna Internet di 34 negara untuk mengetahui kebiasaan mereka. Salah satu hal yang dianalisa adalah tren penggunaan VPN, serta alasan mengapa masyarakat tertarik menggunakannya.

Untuk apa orang Indonesia menggunakan VPN?

VPN bisa berfungsi untuk menyembunyikan identitas kita di dunia maya. Namun menurut survei GlobalWebIndex, alasan utama orang Indonesia menggunakan VPN adalah untuk mengakses situs-situs yang diblokir.

Menurut Jason, penggunaan VPN untuk alasan privasi lebih banyak dilakukan oleh pengguna Internet di negara-negara Eropa. 

“Di negara seperti Cina, Indonesia, dan Thailand, mereka menggunakan VPN untuk mengatasi blokir yang dilakukan pemerintah,” ujar Jason.

Masih menurut survei yang sama, alasan lain masyarakat Indonesia menggunakan VPN adalah untuk mengakses situs yang diblokir oleh tempat mereka bekerja. Beberapa instansi memang biasanya memblokir akses Internet ke situs-situs media sosial atau situs untuk mengunduh film dan musik.

VPN juga sering digunakan di Indonesia untuk mengakses situs-situs hiburan seperti Netflixdan Spotify, yang membedakan layanannya di tiap negara. Dengan menggunakan VPN, masyarakat Indonesia saat ini pun sudah bisa menggunakan Spotify, walaupun layanan tersebut baru diluncurkan secara resmi di tanah air pada 30 Maret 2016 nanti.

Untuk mengakses VPN, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Tunnelbear dan VyprVPN. Di antara aplikasi tersebut ada yang bisa dinikmati secara gratis, namun beberapa hanya bisa digunakan setelah membayar sejumlah uang.

Survei di atas menunjukkan kalau masyarakat Indonesia sebenarnya sudah cukup “pintar” untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Dengan begitu, masih efektifkah langkah pemerintah yang berusaha membatasi akses masyarakat Indonesia dengan memblokir situs-situs tertentu? —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!