KNKT selidiki kecelakaan maskapai Wings Air di Kupang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KNKT selidiki kecelakaan maskapai Wings Air di Kupang
Pesawat menabrak pembatas yang ada di belakangnya. Tidak ada penumpang yang menjadi korban dalam kecelakaan itu.

JAKARTA, Indonesia – Pesawat maskapai Wings Air pada Selasa, 5 April mengalami kecelakaan karena menabrak rambu di Bandara Eltari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kecelakaan terjadi diduga karena petugas ground handling yang menarik pesawat tak melihat adanya pembatas.

“Jadi, pesawat kita di Kupang didorong, sedangkan di bandara di Kupang sedang mengalami perbaikan. Pihak yang mendorong tak melihat ada pembatas dan bersentuhan dengan pesawat,” ujar Direktur Umum Lion Air Grup, Edward Sirait ketika memberikan keterangan pers di kantornya di Jakarta pada Selasa, 5 April usai menjelaskan kecelakaan mengenai pesawat Batik Air.

Dia mengatakan tidak ada penumpang yang terluka dalam kecelakaan itu. Demi keselamatan penumpang, akhirnya penerbangan dengan rute Kupang-Waingapu batal diterbangkan.

Pejabat dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah tiba di Bandara El Tari, Kupang untuk memeriksa kondisi pesawat Wings Air.

Sementara, General Manager Angkasa Pura I Bandara Eltari, Wahyudi mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan IW-1992 itu mengalami kesalahan prosedur ketika hendak take-off.

Namun, dia mengklarifikasi pesawat Wings Air tidak sampai keluar dari landasan pacu dan tak mengalami kerusakan pada ekor pesawat terbang.

“Pesawat hanya tergores sedikit saja karena menabrak instrumen navigasi di taxi way,” ujar Wahyudi pada Rabu, 6 April.

Pesawat Wings Air, kata Wahyudi, juga tidak keluar dari landasan. Kejadian tersebut hanya ada di sekitar landasan taxi way. Pesawat kini sedang diparkir di landas parkir Bandara Eltari, Kupang.

Ini merupakan kecelakaan kedua dalam satu pekan yang menimpa Lion Air Group. Sebelumnya, pesawat Batik Air tujuan Jakarta-Ujung Pandang juga mengalami kecelakaan pada Senin malam, 4 April.

Ketika akan lepas landas, pesawat jenis Boeing 737-800 NG itu menabrak pesawat ATR dari maskapai Trans Nusa di Bandara Halim Perdanakusuma. Akibatnya, sayap sebelah kiri Batik Air sempat terbakar dan rusak.

Kerusakan juga dialami oleh ujung ekor dan sayap sebelah kiri maskapai Trans Nusa. Pejabat KNKT juga tengah menyelidiki penyebab kecelakaan. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

BACA JUGA:

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!