Indonesia diadu Brazil ke WTO

Kanis Dursin

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia diadu Brazil ke WTO

EPA

Brazil bisa membawa kasus tersebut ke panel WTO setelah 60 hari


JAKARTA, Indonesia – Indonesia diadukan oleh Brazil ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas kebijakan impor sapi Indonesia yang merugikan Brazil.

Dalam website resminya, www.wto.org, lembaga perdagangan dunia itu mengatakan pada Senin, 4 April, Brazil telah mengajukan permintaan konsultasi dengan Indonesia melalui sistim penyelesaian sengketa WTO untuk membahas mengenai kebijakan yang diterapkan untuk impor daging sapi dari Brazil.

Detil keberatan Brazil terhadap kebijakan impor sapi Indonesia masih akan diserahkan ke WTO dalam beberapa hari ke depan. Email Rappler ke Keduataan Besar Brazil di Jakarta untuk meminta konfirmasi dan informasi mengenai keberatan negara tersebut juga belum dijawab.

Tetapi sebelumnya, Brazil berkeberatan dengan aturan yang mengharuskan impor sapi dari negara yang bebas dari penyakit mulut dan kaki saja seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. 

Pertemuan konsultasi akan memberikan kesempatan kepada Indonesia dan Brazil untuk membahas masalah dan mencari solusinya. Jika dalam 60 hari kedua belah pihak belum juga menyelesakan sengketa tersebut, Brazil bisa membawa sengketa tersebut ke panel WTO. 

Brazil juga meminta pertemuan konsultasi dengan Thailand atas kebijakan impor gulanya. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!