Indonesia kirim 3 wakilnya ke semifinal Malaysia Open 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia kirim 3 wakilnya ke semifinal Malaysia Open 2016
Greysia/Nitya, Tontowi/Liliyana, dan Jonatan ke semifinal Malaysia Open 2016

 

JAKARTA, Indonesia — Greysia/Nitya, Tontowi/Liliyana, dan Jonatan Christie lolos ke babak semifinal Malaysia Open Super Series Premier 2016.

Ganda putri bulu tangkis Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, harus melalui laga yang tak mudah saat bertemu ganda putri asal Korea Selatan, Chang Ye Na/Lee So Hee, di Malawati Stadium, Shah Alam, pada Jumat, 8 April.

Pada game pertama, Greysia/Nitya berhasil mengantongi kemenangan dengan skor 21-16. Namun pada game kedua Chang/Lee membalikkan keadaan dan menang 21-18.

Dengan skor satu sama, game ketiga pun dimainkan. Pada game penentu ini, Greysia/Nitya menang 21-18 dan mengamankan tiket ke semifinal.

“Hari ini kami mencoba untuk main enggak banyak buka bola dan enggak mati sendiri. Kami enggak mau main buru-buru,” kata Nitya seperti dikutip situs badmintonindonesia.org.

Capaian Greysia/Nitya pun mendapat apresiasi dari Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan. 

“Hasil Greysia/Nitya hari ini cukup baik. Bisa mencapai ke semifinal, kita doakan semoga mereka bisa tampil konsisten dan memberikan penampilan maksimalnya, buat besok hingga nanti ke final,” kata Gita.

Tontowi/Liliyana lolos ke empat besar

Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga melaju ke semifinal usai menjegal pasangan Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. 

Tontowi/Liliyana menang dua game langsung 21-17 dan 21-14.

“Hari ini kami main cukup baik. Kami mengatur permainan dengan baik, sehingga kami bisa leading jauh, dan kami masih terus yakin,” kata Liliyana. 

“Kami sudah menerapkan strategi dengan cukup bagus. Kami konsisten dan jarang buang poin buat musuh. Yang pasti kami fokus terus,” ujar Tontowi. 

Di semifinal, Tontowi/Liliyana sudah ditunggu oleh Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, Denmark.

Pertama kali, Jonatan tembus semifinal 

Jonatan sukses tembus semifinal 
Malaysia Open SSP 2016. Foto dari badmintonindonesia.org

Selain tim ganda, tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, juga sukses menembus babak semifinal. Jonatan mengalahkan Rajiv Ouseph dari Inggris dengan skor 21-19 dan 21-19. 

Masuk ke semifinal level super series premier merupakan capaian yang pertama buat Jonatan.

“Kondisi angin sebenarnya hari ini membuat saya kurang nyaman, jadi saya banyak melakukan kesalahan. Tapi saya coba ubah pola pikir, jangan terfokus dengan keadaan yang tidak baik. Jadi saya coba main supaya keluar yang terbaik dari saya,” kata Jonatan.

Meski berhasil menembus semifinal, pelatih tunggal putra, Hendry Saputra, mengatakan masih banyak penampilan Jonatan yang perlu dipoles. Hingga semifinal ini, Hendry mengatakan, Jonatan belum menampilkan performa yang maksimal.

“Kalau dari total semuanya, menurut saya Jonatan masih biasa mainnya,” kata Hendry.

“Tapi kalau dilihat hasilnya, bisa ke semifinal dari kualifikasi tentu bagus. Secara hasil bagus, tapi kualitas penampilannya masih biasa saja. Karena bisa kita lihat tadi, Jonatan masih banyak melakukan kesalahan sendiri. Itu pandangan saya dari kacamata pelatih,” ujarnya.

Sementara itu, duet Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus terhenti di perempat final usai menghadapi Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding, Denmark. Hendra/Ahsan kalah tiga game 8-21, 21-17 dan 17-21. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!