Myanmar

Trofeo Persija: Agenda balas dendam Macan Kemayoran untuk Serdadu Tridatu

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Trofeo Persija: Agenda balas dendam Macan Kemayoran untuk Serdadu Tridatu

ANTARA FOTO

Tanpa rekomendasi dari BOPI, Trofeo Persija tetap dgelar dengan izin keramaian dari polisi. Siapa bakal juara?

JAKARTA, Indonesia — Dahaga The Jakmania, pendukung Persija Jakarta, untuk menyaksikan timnya tampil di Jakarta terobati. Namun, dahaga prestasi, belum tentu bisa diberikan oleh Persija untuk fans mereka.

Dalam laga yang digeber Sabtu, 9 April, mulai pukul 15:45 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tiga tim dengan kekuatan berimbang bakal saling bersaing mengalahkan satu sama lain dalam waktu 45 menit.

Mereka adalah Persija, Bali United, dan PSM Makassar.

Tiga tim tersebut bakal bertarung dengan format trofeo, sebuah format turnamen pra-musim yang kondang digelar di Italia. Dengan format tersebut, terdapat tiga pertandingan yang masing-masing berjalan 45 menit. 

Setiap tim dapat jatah bermain 2 x 45 menit. Rinciannya, tim A melawan tim B, kemudian tim B melawan tim C, dan tim A melawan tim C. Setiap pertandingan digelar selama 45 menit.

Jika dalam 45 menit menang, tim pemenang mendapat tiga angka, sedangkan yang kalah nol poin. Jika menang dalam adu penalti, tim pemenang mendapat dua angka sedangkan yang kalah satu poin.

Melihat catatan di turnamen-turnamen sebelumnya, Bali United layak paling diunggulkan. Sebab, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu mampu menembus semifinal Piala Bhayangkara. Namun, di turnamen itu, Bali United juga sempat takluk di fase grup dari Persija dengan skor 2-1.

Sementara, PSM Makassar, diyakini bakal menjadi tim pesakitan alias juru kunci, korban dari pelampiasan dendam Persija kontra Bali United di Piala Bhayangkara.

Dalam turnamen tersebut, Persija berambisi juara. Bali United dan PSM pun tak mau kalah mematok target sebagai modal sebelum tampil di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Persija sendiri dijadwalkan bertanding melawan PSM di laga pertama pada pukul 15:45. Setelah itu, pertandingan dilanjutkan antara PSM melawan Bali United pada 17:00. Kemudian, pada laga ketiga, Persija berhadapan dengan Bali United pukul 18:15 WIB. 

Pelatih Persija, Paulo Camargo, menyebut laga kontra PSM lebih menentukan dibanding laga terakhir kontra Bali United. Dia meyakini, pertandingan tersebut akan berjalan sengit sejak menit awal. Dia paham betul kemampuan Luciano Leandro, sesama pelatih asal Brasil.

“Kami harus waspada, mereka memiliki skuad yang kuat di tengah. Kami harus antisipasi kreativitas dan berusaha keluar dari pressing mereka di tengah,” kata Camargo, pada Sabtu.

Sementara itu, menilai Bali United, Camargo meminta para penggawa Macan Kemayoran untuk tak meremehkan lawan. Baginya, Bali United tetap berbahaya dan layak diwaspadai.

Motivasi Serdadu Tridatu untuk membalaskan rasa malu saat dipecundangi di hadapan pendukungnya sendiri, menjadi ancaman bagi Persija. “Mereka pasti ingin membalaskan rasa malu. Kami tak boleh malu di kandang,” kata Camargo.

Di sisi lain, pelatih Bali United Indra Sjafri meminta pemainnya tak terbawa emosi laga ini. Baginya, hasil di Piala Bhayangkara sudah berlalu dan sudah dievaluasi.

Semangat bermain apik, tampil konsisten, dan kompak, menurut Indra harusnya lebih dikedepankan. “Kami harus bsa menemukan kematangan bermain. Evaluasi di turnamen sebelumnya harus bisa terlihat hasilnya di trofeo nanti,” ucap Indra.

Pelatih PSM Luciano Leandro membawa semangat berbeda. Sebagai bintang Macan Kemayoran saat sukses tampil sebagai juara Ligina 2001 silam, dia ingin membawa atmofer keberhasilan itu di curriculum vitae-nya. 

“Saya ingin membawa trofeo ini ke Makassar. Momentum keberhasilan saya di Jakarta, ingin saya ulangi dalam laga nanti,” tuturnya. 

Perkiraan Pemain

Persija: 4-2-1-3

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Firmansyah, Andik Rendika Rama; Amarzukih, Ade Jantra Lukmana; Rafael Dos Santos Lima; Pandi Ahmad Lestaluhu, Patrick Da Silva, Novri Setiawan.

Pelatih: Paulo Camargo

PSM Makassar: 4-2-3-1

Dimas Galih Pratama, Hendra Wijaya, Boman Aime, Ardan Aras, Valentino Telaubun, Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Ferdinand Sinaga, Syamsul Bachri, M. Rahmat, Lamine Diarrasouba.

Pelatih: Luciano Leandro

Bali United: 4-4-2

Rully Desrian; Ganjar Mukti, Bobby Satria, Kiko Insa, Agus Nova; Loudry Setiawan, I Gede Sukadana, Lucas Patinho, Syakir Sulaiman; Yabes Rony, Silvio Escobar.

Pelatih: Indra Sjafri.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!