Berita hari ini: 13 April 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: 13 April 2016

GATTA DEWABRATA

Berita pilihan redaksi Rappler pada Rabu, 13 April.

Bertemu keluarga tersangka di luar sidang, seorang hakim diadili 

JAKARTA, Indonesia –  Hakim Falcon Sihombing dari Pengadilan Negeri Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diseret ke sidang Majelis Kehormatan Hakim di Jakarta pada Rabu, 13 April, karena diduga bertemu dengan keluarga terdakwa kasus narkoba di luar pengadilan saat menjabat sebagai hakim di Pengadilan Negeri Kasongan pada 2014.

Dalam pertemuan tersebut, Falcon diduga menerima uang sebesar Rp15 juta dari keluarga Leandra Siregar untuk meringankan hukuman bagi Lendra Siregar yang ingin maju dalam pemilihan legislatif. 

 

 

“Terlapor diduga berkomunikasi dengan keluarga terdakwa di luar persidangan,” kata Ketua Majelis Kehormatan Hakim Joko Sasmito di ruang Wiryanto, Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu, 13 April.

Baca selengkapnya di Tempo

Indonesia siapkan tiga strategi penyelamatan 10 WNI dari Abu Sayyaf

Ilustrasi penyanderaan 10 kru kapal Brahma 12 di Filipina Selatan.

JAKARTA, Indonesia – Sudah lebih dari dua pekan 10 kru kapal tunda Brahma 12 disekap oleh kelompok Abu Sayyaf, tetapi belum ada tanda-tanda mereka akan dibebaskan. Namun, Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk membebaskan mereka dalam keadaan selamat.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengatakan upaya penyelamatan dilakukan melalui tiga cara yaitu diplomasi, negosiasi, dan operasi militer. Tetapi, sebelumnya, Ryamizard pernah berharap agar operasi militer dijadikan opsi terakhir, karena berisiko besar. 

“Yang namanya operasi militer itu pasti ada korban, maka jalan terbaik adalah negosiasi,” ujar Ryamizard di kantor Kementerian Pertahanan pada Rabu, 13 April. 

Kendati sempat terjadi operasi militer yang dilakukan angkatan bersenjata Filipina di Pulau Basilan pada Sabtu kemarin dan menewaskan 18 personel, tetapi Ryamizard memastikan kondisi ke-10 WNI dalam keadaan sehat. Baca selengkapnya di Antara.

Dirjen imigrasi cabut paspor La Nyalla

La Nyalla Mattalitti. Foto oleh Wahyu Putro A./ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie mengatakan paspor Ketua PSSI, La Nyalla Mattalitti sudah dicabut sejak tanggal 7 April lalu. Saat ini, La Nyalla masih buron dan berada di Singapura. 

“(Paspor La Nyalla) dicabut sejak 7 April atas permintaan Kejaksaan Agung untuk kasus yang sedang menjerat Beliau”, ujar Ronny di kompleks DPR Senayan. 

Dia menjelaskan dengan dicabutnya paspor La Nyalla bukan berarti mantan Ketua KADIN Jawa Timur kehilangan kewarganegaraannya. Tetapi, hanya izin perjalanannya saja yang dicabut sehingga dia tidak bisa bepergian ke mana-mana. Baca selengkapnya di Liputan 6.com

DPR, Pemerintah sepakat tunda reklamasi Teluk Jakarta  

Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama yakin tidak ada anak buahnya yang terlibat suap proyek reklamasi Teluk Jakarta. Foto dari jakarta.go.id

JAKARTA, Indonesia – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sepakat pada Selasa, 12 April, untuk menghentikan sementara proyek reklamasi Teluk Jakarta hingga ada perundangan.   

“Rapat dengar pendapat (12 April) soal situasi reklamasi Teluk Jakarta, Komisi IV dengan pemerintah diwakili KKP dan KLHK sepakat menghentikan proses reklamasi Teluk Jakarta dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga ada perundangan,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron dalam Rapat Kerja dengan Menteri KKP di Jakarta, Rabu.

Herman juga mengatakan DPR saat ini membentuk panitia kerja untuk menindaklanjuti proyek reklamasi teluk dan pantai-pantai di Indonesia.

“Kami sudah membentuk panitia kerja (Panja). Panja ini akan mulai bertugas 20 April mendatang,” kata politisi Partai Demokrat itu. Baca selengkapnya di Antara

KPK panggil Sunny Tanuwidjaja dan Aguan terkait proyek reklamasi

Aktivitas proyek pembangunan salah satu pulau kawasan reklamasi Teluk Jakarta di Pantai Utara Jakarta, Selasa, 5 April. Foto oleh Wahyu Putro A./ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Sunny Tanuwidjaja yang disebut menjadi staf khusus Gubernur DKI Jakarta datang memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sunny diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPRD, Mohamad Sanusi dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL), Ariesman Widjaja. 

“(Saksi) untuk Sanusi dan Ariesman,” ujar Sunny ketika tiba di gedung KPK, Jakarta Selatan sekitar pukul 09:15 WIB.

Sunny disoroti publik usai namanya masuk orang yang dicegah oleh KPK ke luar negeri. 

Selain Sunny, organisasi anti rasuah itu juga memanggil bos PT Agung Sedayu Group, Sugiyanto Kusuma alias Aguan. Selengkapnya di Detik.

Juru sita pajak dibunuh saat sedang bertugas

Ilustrasi garis polisi. Foto oleh ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan juru sita pajak dan anggota satuan pengamanan yang bekerja di Kantor Pajak Pratama Sibolga, Sumatera Utara tewas ketika tengah bertugas. Keduanya meninggal karena dibunuh oleh wajib pajak.

“Mereka meninggal karena ditusuk wajib pajak ketika menjalankan tugas,” ujar Bambang usai mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI pada Selasa, 12 April di Jakarta.

Dia mengatakan wajib pajak tersebut tidak patuh dalam menjalankan kewajiban perpajakan, sehingga asetnya harus disita. Pelaku penusuhan yang diketahui berinisial AL langsung menyerahkan diri kepada petugas Kepolisian Resor Gunungsitoli.

Baca berita selengkapnya di ANTARA.

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!