INFOGRAFIS: Penggusuran di Jakarta

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

INFOGRAFIS: Penggusuran di Jakarta

ANTARA FOTO

Setelah empat lokasi ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini sedang menyiapkan penggusuran di tempat lainnya, yakni Kampung Luar Batang di Jakarta Utara

JAKARTA, Indonesia—Belum genap setahun, penggusuran sudah terjadi empat kali di Jakarta. 

Pertama di Kampung Pulo pada Agustus 2015. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggusur warga di Kampung Pulo untuk menormalisasi Sungai Ciliwung. Pemda DKI Jakarta juga berdalih ingin memindahkan warga yang mengalami kebanjiran setiap kali Sungai Ciliwung meluap. 

Namun eksekusi penggusuran tidak berjalan lancar. Warga yang menolak penggusuran bentrok dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja. Baca selengkapnya di artikel berjudul Kontroversi Kepemilikan Tanah Kampung Pulo.  

Pada pertengahan Januari 2016, giliran warga di Bukit Duri, Jakarta Selatani digusur. Alasan penggusuran masih sama, yakni normalisasi Sungai Ciliwung. Sama seperti di Kampung Pulo, penggusuran di Bukit Duri juga sempat ricuh. Baca tentang kisah warga Bukit Duri yang protes karena rumahnya dibongkar di sini.

Sebulan kemudian, Pemprov DKI Jakarta kembali melakukan penggusuran, kali ini di Kalijodo di Jakarta Barat dan Utara, yang terkenal dengan red light district-nya. Walau berlangsung relatif lancar, penggusuran di Kalijodo masih menyisakan persoalan, yakni penanganan pekerja seks yang tak tuntas, padahal sebagian dari mereka terinfeksi virus HIV-AIDS. 

Pemprov dituding lengah dalam pendataan. Baca tentang peran pekerja seks di artikel berjudul Yang Tertinggal di Kalijodo. 

Terakhir yang masih hangat adalah penggusuran di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Bentrok antara warga dan aparat juga tidak terelakan di penggsuran atas nama Wisata Bahari ini. Baca tentang penggusuran ini di artikel berjudul Atas Nama Wisata Bahari. 

Setelah empat lokasi ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini sedang menyiapkan penggusuran di zonasi lainnya, yakni Kampung Luar Batang. Warga Kampung Luar Batang sudah menyampaikan penolakan mereka terbuka, tetapi Pemerintah DKI Jakarta bergeming. Akankah bentrokan terjadi lagi? 

Berikut ringkasan peristiwa penggusuran di Jakarta yang kami rangkum dalam satu laman infografis:

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!