Berita hari ini: Minggu, 17 April 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 17 April 2016

ANTARA FOTO

Berita pilihan redaksi pada Minggu, 17 April.

Bertolak ke Eropa, Joko Widodo fokus pada kerjasama ekonomi

JAKARTA, Indonesia – Pada Minggu pagi, Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertolak ke beberapa negara Eropa untuk melakukan kunjungan kerja yang dimulai pada 17-23 April. Rencananya, Jokowi berkunjung ke empat negara yakni Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda. 

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menyebut kunjungan perdana Jokowi ke Eropa ini bukan sekedar basa-basi, tetapi ada tujuan terkait bisnis yang diminta untuk diselesaikan. 

“Artinya, (ada sesuatu) yang terlaksana bukan sekedar kunjungan,” kata Pramono. 

Sementara, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong salah satu hasil konkrit yakni penuntasan tahap awal soal negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) UE-Indonesia. 

Selain itu Jokowi juga akan berkunjung ke markas Presiden Uni Eropa. Di sana, dia akan bertemu dengan Komisi Eropa, Dewan Eropa dan Parlemen Eropa. Baca selengkapnya di Antara

Sementara, organisasi Human Rights Watch (HRW) mendorong kepada para pemimpin Eropa agar membahas mengenai isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di masa lalu, saat ini dan masa depan. 

“Para pemimpin Eropa juga harus menyampaikan dukungan langkah perdana Pemerintah Indonesia untuk mencari solusi tindak pembunuhan massal yang terjadi pada tahun 1965-1966 dan menyebabkan sekitar 500 ribu orang meninggal,” ujar Wakil Direktur HRW Asia,  Phelim Kine. Baca artikel lengkapnya di Jakarta Post. 

Setelah enam tahun, Sony Dwi Kuncoro kembali raih juara Singapore Open 2016

JUARA SINGAPORE OPEN 2016. Pebulu tangkis Sony Dwi Kuncoro berhasil meraih gelar juara di nomor tunggal pria dalam kejuaraan Singapore Open 2016 pada Minggu, 17 April. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Pebulu tangkis unggulan Indonesia, Sony Dwi Kuncoro sukses meraih gelar juara di nomor tunggal pria dalam kejuaraan Singapore Open 2016 di Singapura. Sony berhasil menggenggam gelar juara usai enam tahun lalu meraih gelar serupa.

Dalam partai final, Sony berhadapan dengan pebulu tangkis asal Korea Selatan Son Wan Ho. Pertandingan berlangsung tiga set dengan skor 21-16, 13-21, dan 21-14. Sebelumnya, gelar juara juga disumbangkan oleh ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Mereka berhasil menang tanpa harus bersusah payah, karena lawannya mengundurkan diri akibat cidera. Selengkapnya di kompas.com

Ganda putri Indonesia Greysia/Nitya raih gelar juara Singapore Open 2016

SINGAPORE OPEN. Pasangan Gresyia Polii/Nitya Krishinda Maheswari berhasil meraih juara di Singapore Open dengan mudah karena tak perlu berhadapan dengan pasangan Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Foto dari situs badmintonindonesia.org

JAKARTA, Indonesia – Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari berhasil meraih gelar juara di Singapore Open 2016 dengan mudah. Sebab, pasangan ganda putri Jepang yang seharusnya menjadi lawan tandingnya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi mengundurkan diri karena cidera. 

Selain dari Greysia/Nitya, Indonesia juga berharap gelar juara dari tunggal pria, Sony Dwi Kuncoro yang akan berhadapan dengan tunggal pria Korea Selatan Son Wan Ho di partai final yang digelar hari ini. Simak artikelnya di Liputan6.com.

Indonesia usulkan patroli bersama Malaysia dan Filipina untuk cegah aksi pembajakan

PENYANDERAAN WNI. Panglima TNI, Gatot Nurmantyo mengatakan akan mengerahkan kapal perang ke perbatasan Filipina pasca 4 WNI kembali diculik oleh kelompok bersenjata. Foto oleh M Agung Rajasa/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan Indonesia akan berkoordinasi dengan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina dan Malaysia untuk bersama-sama melakukan patroli bersama terkoordinasi. Patroli itu dilakukan usai kapal tunda TB Henry yang tengah menarik kapal tongkang Christi dibajak oleh kelompok bersenjata Filipina pada Jumat malam, 15 April. 

Diduga pelaku adalah kelompok Abu Sayyaf. Dalam aksi pembajakan itu, sebanyak empat kru kapal diculik, satu kru kapal kena luka tembak dan sisanya berhasil menyelamatkan diri.

“Satu orang ditembak di bawah ketiak. Korban yang tertembak saat ini dalam kondisi selamat di Malaysia,” ujar Gatot pada Sabtu, 16 April. 

Gatot menjelaskan patroli bersama dilakukan hanya di wilayah Zona Ekonomi Ekseklusif (ZEE) di masing-masing negara. 

“Setelah itu di wilayah Filipina ya Filipina dan di wilayah Malaysia ya wewenang Malaysia,” kata dia.

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan dua kapal perang ke perbatasan Filipina yakni KRI Badau-841 dan KRI Slamet Riyadi-352. Baca selengkapnya di Antara.

 Dua WNI jadi korban luka gempa susulan di Jepang

GEMPA KYUSHU. Rumah seorang warga di Perfektur Kumamoto terbakar akibat terkena dampak gempa bumi 7,1 skala richter. Foto oleh Kirk Masden/EPA

JAKARTA, Indonesia – Dua warga Indonesia turut menjadi korban luka akibat gempa susulan 7,1 skala richter di Perfektur Kumamoto, Kyushu, Jepang pada Sabtu, 16 April. Tetapi, kedua WNI yang mengalami luka itu sudah memperoleh penanganan medis dan perlahan-lahan mulai pulih.

Kini, kedua WNI telah kembali ke rumah dan mengungsi ke tempat yang telah ditentukan. Dalam gempa tersebut, sekitar 18 orang dilaporkan meninggal dunia. Selengkapnya baca di Antara.

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!