Agenda kunjungan kerja Jokowi ke Eropa

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Agenda kunjungan kerja Jokowi ke Eropa
Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi empat negara selama lima hari di Eropa

Pada Minggu pagi, 17 April, Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertolak menuju Berlin, Jerman untuk memulai kunjungan kerja perdana ke Eropa yang rencananya berlangsung selama lima hari.

Jokowi beserta rombongan diagendakan untuk berkunjung ke empat negara di Eropa: Jerman, Inggris, Belgia, dan Belanda.

Menurut informasi resmi dari situs Sekretariat Kabinet RI, kunjungan Jokowi kali ini akan lebih membahas mengenai kerjasama ekonomi dan perdamaian.

Berikut kegiatan Jokowi di Eropa mulai Senin, 18 April:

Senin, 18 April – Jerman

BERTEMU MERKEL. Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam kunjungan kerja pada Senin, 18 April. Foto dari Facebook/Presiden Joko Widodo

Jokowi tiba hari Minggu malam, 17 April, pukul 20:40 waktu setempat di Bandar Udara Internasional Tegel, Berlin, Jerman, disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo.

Pada hari Senin, 18 April, Jokowi bertemu dengan Kanselir Angela Merkel, dengan agenda pembicaraan seputar peningkatan kerjasama investasi dan pendidikan ketenagakerjaan.

Selain itu, pada hari yang sama Jokowi juga sempat berbicara di hadapan Forum Bisnis Indonesia-Jerman di Ballroom, Hotel Adlon Kempinski, Berlin. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah pimpinan perusahaan terkemuka Jerman.

Pemerintah Indonesia juga telah menyepakati kerjasama antara perusahaan Jerman dan Indonesia, dengan total nilai kesepakatan sebesar US$845,6 juta. Kerjasama yang terjalin antara lain PT Aneka Tambang dengan Ferrostaal, PT Pelni dengan Meyer Werft, PT Pindad dengan Junggans Microtech, APRIL dengan Inapa, dan PT PLN dengan Siemens.

Selasa, 19 April – Inggris

KUNJUNGAN. Presiden Jokowi tiba di Hotel Grosvenor House, London, pada Senin, 18 April malam waktu setempat, guna memulai kunjungan kerja di Inggris. Foto oleh Tyas/Setkab

Optimis dengan kemampuan orang Indonesia berkompetisi

Presiden Jokowi yakin warga Indonesia bisa memenangkan pertarungan bisnis yang semakin ketat dan terbuka saat ini. 

“Orang kita itu kalau diberikan pesaing baru lari,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan warga Indonesia di London, Inggris pada Selasa, 19 April.

Jokowi dan rombongan terbang ke London pada Selasa, 19 April. Selain bertemu dengan warga Indonesia, Jokowi juga bertemu dengan 24 lembaga finansial dunia yang bermarkas di London dan Perdana Menteri David Cameron. 

Jokowi mengingatkan warga Indonesia  era keterbukaan dan kompetisi sudah tiba dan tidak bisa ditolak-tolak lagi. “Kompetisi itu sudah masuk, sudah masuk. Siap, tidak siap harus siap,” kata Jokowi. 

“Jangan takut masuk ke era persaingan, jangan takut masuk ke era kompetisi, yang belum baik kita perbaiki, yang belum bagus kita perbaiki,” ujar Presiden.

Dari London, Jokowi dan rombongan terbang ke Belanda, negara ketiga dari empat negara yang dikunjungi Jokowi dalam kunjungan kerja 4 harinya ke Eropa. —Rappler.com

BACA JUGA:

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!