Miss Universe

Berita hari ini: Rabu, 20 April 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 20 April 2016
Berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 20 April 2016.

Filipina dorong Indonesia tak berikan uang tebusan ke kelompok Abu Sayyaf

Pemerintah Filipina mendorong Indonesia agar tidak membayarkan uang tebusan sebesar 50 juta Peso atau setara Rp 14,2 miliar kepada penculik dari kelompok Abu Sayyaf. Kelompok yang bermukim di area Filipina selatan itu telah menculik 10 kru kapal tunda Brahma 12 dan kapal tongkang Anand 12. 

Juru bicara angkatan bersenjata Filipina, Brigadir Jenderal Restituto Padila, berharap setiap pemerintah negara asing tetap mematuhi kebijakan tidak membayarkan uang tebusan. Dengan begitu, dapat menghentikan tumbuh suburnya “industri” semacam ini yaitu aksi penculikan. Selain itu, bisa melemahkan kekuatan kelompok militan tersebut. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Panjaitan memastikan uang tebusan akan dibayarkan oleh perusahaan pemilik kapal yang berasal dari Taiwan itu. Berdasarkan hasil pembicaraan melalui telepon pada Selasa kemarin, diketahui keadaan 10 WNI dalam kondisi sehat. Baca artikelnya di Detik.

Kapolsek Pagedangan bantah atap mall AEON ambruk karena tersambar petir

Para pengunjung AEON Mall BSD City yang sedang melihat festival kembang api yang berada di AEON Mall BSD City. Foto oleh ANTARA

Kapolsek Pagedangan, Tangerang, AKP Endang Sukmo Wijaya mengklarifikasi penyebab ambruknya atap Mall AEON yang berlokasi di BSD Raya Utama, Sampora, Cisauk, Tangerang selatan. Menurut Endang, atap pusat perbelanjaan itu ambruk bukan akibat terkena angin kencang atau disambar petir.

“Karena derasnya curah hujan, membran atau parasut yang berada di depan mall tidak dapat menahan air. Akhirnya jebol,” ujar Endang.

Sementara, mengenai jumlah dan kondisi korban yang tertimpa atap masih terus dicek oleh pihak kepolisian. Sebelumnya, sempat beredar informasi atap mall ambruk akibat diterpa angin kencang saat hujan atau petir. Selengkapnya baca di Liputan 6.

KPK melakukan operasi tangkap tangan lagi 

 Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan pada Rabu, 20 April terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto oleh M. Agung Rajasa/ANTARA

Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan. Pada Rabu, 20 April, lembaga antirasuah itu menangkap Sekretaris Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution.

Jamaludin Samosir, Kepala Humas Pengadilan Negeri, Niaga, Tindak Pidana Korupsi, dan HAM Jakarta Pusat, membenarkan penangkapan terebut tetapi mengaku tidak tahu kasus yang sedang diselidiki KPK.

“Barusan tadi memang dibenarkan ada OTT (operasi tangkap tangan) panitera PN Pusat sekitar jam 12.00 WIB tadi,” kata Jamaludin kepada wartawan. Baca berita selengkapnya di Tempo.

Perusahaan pemilik kapal siap bayar uang tebusan ke kelompok Abu Sayyaf

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan paparannya saat mengisi kuliah umum dengan tema "Perbandingan Penerapan Teknologi bagi Pertahanan dan Keamanan di AS dan Indonesia: Gagasan Pengembangan Mata Kuliah UI" di Balai Sidang Universitas Indonesia pada Rabu, 20 April. Foto oleh Indrianto Eko Suwarso/ANTARA

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Panjaitan mengatakan perusahaan pemilik kapal tunda Brahma 12 dan tongkang Anand 12, PT Patria Maritime Lines, tengah melakukan finalisasi proses pembayaran uang tebusan senilai 50 juta Peso atau setara Rp 14,2 miliar agar 10 kru kapal bisa terbebas. Ke-10 kru kapal disandera sekitar pada tanggal 26 Maret ketika tengah melakukan perjalanan dari Sungai Puting, Kalimantan Selatan menuju ke Batangas, Filipina selatan.

“Abu Sayyaf kita sekarang masih monitor, seperti saya katakan juga kemarin. Yang 10 sandera itu, perusahaan sedang melakukan finalisasi (pembayaran uang tebusan). Kita tunggu saja hasilnya,” ujar Luhut di Universitas Indonesia, Depok. 

Kendati sudah lebih dari dua pekan disekap oleh kelompok Abu Sayyaf, tetapi Luhut memastikan kondisi 10 sandera dalam keadaan baik. Informasi itu diperoleh berdasarkan pembicaraan telepon pada Selasa kemarin. Baca artikel selangkapnya di Portal KBR.

Kapolri akui Densus 88 Polri tangani terduga teroris Siyono tak sesuai protap

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (kanan) mengakui ada kekeliruan prosedur ketika menangani terduga teroris Siyono. Hal itu diungkap ketika dilakukan rapat kerja dengan Komisi III DPR pada Rabu, 20 April. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengakui ada prosedur standar operasional yang telah dilanggar oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dalam penanganan terduga teroris, Siyono yang tewas pada tanggal 11 Maret lalu. Siyono tewas usai ditangkap oleh personel Densus 88. 

Apa SOP yang telah dilanggar oleh anggota Densus  88? Badrodin mengatakan SOP yang dilanggar yakni Siyono hanya dikawal oleh satu orang dan dalam keadaan tidak diborgol. Padahal, menurut prosedur pengawalan terhadap terduga teroris, anggota Densus 88 yang mengawal harus lebih dari satu orang. 

“Saat itu, Siyono tidak diborgol agar bersikap kooperatif saat dibawa untuk mengembangkan informasi. Namun, saat di dalam mobil dalam perjalanan di perbatasan antara Klaten dan Prambanan, Siyono menyerang anggota yang mengawal dan pengemudi,” tutur Badrodin dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

Perkelahian dan pergumulan pun, ujar Badrodin tidak dapat dihindari. Selengkapnya baca di Antara

Badrodin pun mengaku Densus 88 dirugikan dengan meninggalnya Siyono, karena dia dianggap mengetahui informasi tentang senjata milik jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Berdasarkan infomasi kepolisian, Siyono adalah Panglima JI

Informasi yang mengarah kepada Siyono, tutur Badrodin bermula dari penangkapan sembilan tersangka kasus terorisme pada tahun 2014 lalu. Lalu, Densus menangkap empat orang terduga teroris lainnya di Jawa Timur. Baca Antara untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Toilet meledak, seorang siswi luka-luka

Seorang siswi SMA 3 Kediri luka-luka karena ledakan di toilet sekolah pada Rabu, 20 April. Sumber ledakan masih diselidiki. Foto dari Antara

Seorang siswi SMA Negeri 3 Kota Kediri, Jawa Tengah menderita luka-luka ketika ledakan terjadi di toilet sekolah yang terletak di Jalan Mauni itu pada Rabu, 20 April.

Sumber ledakan masih diselidiki.

Pada saat kejadian, siswi bernama Berliana Febrianti sedang berada di dalam toilet karena hendak ganti pakaian untuk mengikuti kegiatan olahraga di sekolah.

Totok, seorang penjaga sekolah SMAN 3, mengatakan ledakan terjadi setelah siswi tersebut menyalakan keran air.  Baca selengkapnya di Kompas.

 Garuda Indonesia beli 14 pesawat baru dari Airbus senilai Rp 18,8 triliun 

GARUDA INDONESIA. Maskapai Garuda Indonesia membeli 14 pesawat baru dari Airbus. Foto oleh ANTARA

Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Jalan Downing Street Number 10, London pada Selasa kemarin pukul 11:30 waktu setempat. Menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, selain membicarakan isu ekstrimisme, kedua pemimpin negara juga membahas kerjasama ekonomi. 

“Hari ini, kedua pemimpin meninjau kemajuan dan menandatangani nota kesepahaman antara Airbus dengan Garuda Indonesia. Kesepakatan itu bernilai lebih dari 1 miliar Poundsterling atau setara Rp 18,8 triliun. Kami berharap jumlah kesepakatan yang diteken di London lebih besar dari negara lain,” ujar Malik seperti tertulis di dalam situs Setkab. 

Kerjasama lainnya yakni mencakup pelatihan yunior insinyur dan teknisi Indonesia di Roll Royce. Selengkapnya bisa dibaca di merdeka.com 

Di kesempatan berbeda, Direktur Garuda Indonesia, M.  Arif Wibowo mendorong agar WNI yang berada di Eropa menggunakan maskapai Garuda jika ingin kembali ke Tanah Air. Arif mengatakan sudah tidak ada lagi alasan bagi WNI tak lagi menggunakan penerbangan Garuda. 

Sebab, sejak akhir Maret lalu, Garuda Indonesia sudah mendarat di Bandara Heathrow, yang berlokasi lebih dekat dengan pusat kota London. Baca artikelnya di situs Tempo

Pertamina minta Manor Racing tetap biarkan Rio Haryanto membalap penuh satu musim

PEBALAP F1. Rio Haryanto saat persiapan uji coba Formula 1 di Barcelona, Spanyol. Foto dari Twitter/@ManorRacing

PT Pertamina meminta tim Manor Racing mendukung pebalap Formula 1, Rio Haryanto agar bisa menyelesaikan balapannya hingga satu musim di tahun 2016, kendati belum memenuhi pembayaran senilai 15 juta Euro atau setara Rp 223 miliar. 

“Kami menjajaki komunikasi dengan tim Manor agar Rio bisa menyelesaikan 21 laga. Jangan ada kendala, kita mendukung Rio agar bisa menyelesaikan 21 laga,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro di Jakarta, Selasa.

Wianda berharap dengan adanya kepastian itu, Rio bisa fokus membalap dan tak memikirkan mengenai isu pendanaan. 

“Mempunya pebalap potensial, Manor perlu berusaha maksimum agar Rio menyelesaikan 21 race. Itu tanggung jawab Manor,” kata Wianda. 

Selengkapnya baca di Antara

Dampak pembajakan, Kalimatan Selatan larang pelayaran ke perairan Filipina

PENCULIKAN DI FILIPINA SELATAN. Empat WNI kembali diculik perairan Malaysia pada Jumat, 15 April ketika tengah berada di kapal tunda Henry yang menarik kapal tongkang Christi.

Dua kapal tunda berbendera Indonesia dibajak oleh kelompok bersenjata ketika tengah berlayar di perairan Filipina dalam satu bulan terakhir. Dampaknya, otoritas pelayaran di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengeluarkan surat edaran tentang larangan bagi kapal yang berlayar dari Banjarmasin menuju ke perairan Filipina.

Kepala KSOP Banjarmasin, M Takwin Masuku membenarkan keluarnya surat edaran larangan berlayar didasarkan pada dua insiden pembajakan yang melibatkan warga Kalimantan Selatan. Surat larangan itu, kata Takwin, juga didasarkan pada perintah elektronik dari Direktur KPLP dan saran dari Pangkalan Utama TNI AL XIII/Tarakan di Kalimantan Utara.

“Sehubungan dengan hal itu, untuk sementara kapal-kapal yang akan berlayar menuju Filipina, terutama untuk tujuan perairan barat Tawi-Tawi dan perairan Laut Sulu dilarang hingga kondisi aman,” kata dia.

Lalu, apa dampaknya bagi sektor pelayaran di Indonesia? Selengkapnya di Antara.

Sementara, Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid mengatakan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tidak akan efektif jika kondisi keamanan kawasan tidak dijaga. Salah satu indikatornya, masih terjadi aksi penyanderaan.

Menurut Hidayat, insiden penyanderaan menjadikan ASEAN untuk fokus menghadirkan kerja sama keamanan di antara negara-negara itu untuk menyelamatkan kawasan dari merebaknya aksi perompakan.

“Karena di dalam Traktat Keamanan ASEAN kan sudah ada juga. Seharusnya, Filipina tidak menutup diri dari kehadiran militer Indonesia untuk melakukan penyelamatan, toh ini jangan dilihat lagi sebagai Filipina, karena ini adalah ASEAN,” kata dia.

Selengkapnya di Antara.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!