Indonesia

Ribuan mahasiswa UGM duduki rektorat

Mawa Kresna

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ribuan mahasiswa UGM duduki rektorat
Mahasiswa UGM peringati Hardiknas dan tuntut penghapusan UKT, tapi rektor bilang demo tersebut adalah simulasi

YOGYAKARTA, Indonesia — Ribuan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mendatangi Balairung untuk mendemo Rektor Dwikorita Karnawati, pada Senin, 2 Mei.

Aksi yang bertajuk “Pesta Rakyat Gajah Mada” tersebut menuntut agar rektor UGM tersebut memberikan penjelasan terkait pernyataannya yang mengatakan demo mahasiswa hari ini hanyalah simulasi.

Padahal menurut mahasiswa, mereka berdemonstrasi hari ini untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan menuntut penghapusan uang kuliah tunggal (UKT).

“Rektor mengatakan jika aksi kami hari ini adalah simulasi. Itu tidak benar. Kami akan buktikan. Kami meminta rektor untuk memberikan penjelasan,” kata Ridwan, salah seorang mahasiswa yang ikut dalam demonstrasi.

Mereka pun meminta rektor untuk menemui massa. 

Sementara, Dwikorita mengatakan bahwa aksi yang dilakukan mahasiswa saat ini memang adalah aksi simulasi yang sudah dirancang. Dia mengklaim memiliki pembina yang menggerakan mahasiswa supaya kritis.

“Ini semua adalah simulasi, ini cara kita untuk melatih mahasiswa berpolitik praktis, bagaimana memilih isu, menggerakkan masa, menjadi provokator dan lainnya,” kata Dwikorita.

Dia bahkan mengatakan jika aksi ini berhasil akan ada penilaian sendiri oleh para pembina.

“Pada bulan September nanti akan kita berlakukan kurikulum ini. Sekarang kami uji coba dan berhasil. Mereka tidak sadar kalau ini kami rencanakan,” ujarnya.

Rencananya pada September mendatang, UGM akan memberlakukan kurikulum yang didalamnya ada 4-8 satuan kredit semester (SKS) bagi aktivis. Di dalamnya meliputi cara mereka berdemontrasi dan lainnya.

“Ini cara kita mendidik. Memang sekarang sedang kita latih dulu sebelum kita terapkan pada September mendatang. Ini bagus, karena mereka tidak sadar kalau ada pembina yang menggerakkan,” ujarnya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!