Berita hari ini: Sabtu, 7 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 7 Mei 2016
Pantau laman ini untuk perkembangan terbaru berita di Indonesia sepanjang Sabtu, 7 Mei 2016

5 warga Tiongkok akan dijadikan tersangka 

Lima orang warga negara Tiongkok ditangkap di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, pada 26 April lalu, karena telah melakukan pengeboran ilegal.

Kelima pekerja tersebut mengaku terlibat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, namun tidak memiliki izin untuk melakukan pengeboran.

Dalam konferensi pers pada Sabtu, 7 Mei, Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie mengatakan status 5 warga Tiongkok akan dinaikkan menjadi tersangka.

Tonton videonya di bawah ini:

Masih ingat Sonya Depari? Ia ditunjuk jadi Duta Anti Narkoba Gereja Reformis

 

Masih ingat dengan Sonya Depari? Ia adalah lulusan SMA Methodist I Medan yang sempat terlibat perdebatan dengan petugas Satlantas Polresta Medan saat merayakan kelulusan sekolah pada April lalu.

Video perdebatan tersebut menjadi viral di YouTube karena ia mengaku sebagai anak dari Arman Depari, Deputi Bidang Pemberantasan Badan Nasional Narkotika (BNN). Sebenarnya, ia hanya keponakan Arman.

Pekan ini, pada Rabu, 6 Mei, Sonya ditunjuk oleh Gereja-Gereja Reformis di Medan menjadi Duta Anti-Narkoba.

“Memang Sonya kami tunjuk menjadi duta anti narkoba pada perayaan (500 tahun berdirinya gereja-gereja reformis) kami. Sonya kami tunjuk sebagai bentuk keterwakilan pemuda-pemudi gereja,” kata Ketua Panitia Ikrar Bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Gereja-gereja Reformis, Wasinton Pane, Sabtu.

Selengkapnya di Tribun.

17 penumpang terluka saat pesawat Hong Kong Airlines dari Denpasar alami turbulensi

Proses evakuasi penumpang Hong Kong Airlines jurusan Denpasar-Hong Kong yang alami turbulensi, pada 7 Mei 2016. Foto dari BPBD Bali

17 warga negara Tiongkok terluka saat pesawat Hong Kong Airlines jurusan Denpasar-Hong Kong mengalami turbulensi, pada Sabtu, 7 Mei.

Turbulensi terjadi saat pesawat melintas di udara di atas Pulau Kalimantan sekitar pukul 4:29 WITA. Pesawat kemudian kembali ke Bandara Ngurah Rai, Bali.

“Yang luka hanya penumpang, semuanya berkewarganegaraan Tiongkok,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Dewa Mede Indra kepada Detik.com.

Dari 17 orang tersebut, tiga orang mengalami luka berat dan 14 lainnya luka ringan. Para korban telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Selengkapnya di Detik.com.

London memilih Sadiq Khan, wali kota Muslim pertama di Inggris

Sadiq Khan, wali kota Muslim pertama di London. Foto dari www.sadiq.london  

Kota London, Inggris, memilih Sadiq Khan sebagai wali kotanya. Hasil pemungutan suara pada Kamis, 5 Mei, menunjukkan calon Partai Buruh ini memperoleh 44,2 persen suara.

Khan, seorang putra sopir bus asal Pakistan ini, sempat dituduh memiliki kaitan dengan ekstremisme oleh saingannya, Zac Goldsmith, dari Partai Konservatif.

Dalam kampanyenya, Khan mengecam radikalisme sebagai kanker dan mendukung pernikahan sesama jenis — yang membuatnya mendapat ancaman mati.

“Cerita saya adalah cerita tentang London. Ayah saya adalah seorang sopir bus dan ibu saya penjahit. London memberikan saya kesempatan untuk berkembang, dari rumah susun dan menjalankan usaha yang berhasil dan menjabat di kabinet,” kata Khan dalam situsnya.

Baca profil Khan selengkapnya di BBC Indonesia.

Setya Novanto paling kaya di antara 6 calon ketua umum Golkar

Ketua DPR Setya Novanto (kiri) usai melakukan pertemuan tertutup dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, pada 16 November 2015. Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

Partai Golkar telah mengumumkan 6 calon ketua umum yang lolos tahap verifikasi setelah membayar iuran sebesar Rp 1 miliar.

Namun masih ada dua bakal calon lain yang belum menyetorkan iuran, yaitu Indra Bambang Utoyo dan Syahrul Yasin Limpo.

Berikut total harta kekayaan para calon ketua umum Golkar:  

  1. Setya Novanto dengan harta kekayaan Rp 114,769 miliar dan US$ 49,150
  2. Aziz Syamsuddin dengan harta kekayaan Rp 58,93 miliar dan US$ 24,999
  3. Airlangga Hartarto dengan harta kekayaan Rp 46,39 miliar
  4. Ade Komarudin dengan harta kekayaan Rp 20,3 miliar dan utang Rp 3 miliar
  5. Priyo Budi Santoso dengan harta kekayaan Rp 17 miliar dan US$ 70,547
  6. Mahyudin dengan harta kekayaan Rp 10,615 miliar 

Selengkapnya di Detik.com.

Mensos akan menyekolahkan saudara kembar YY di pesantren

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan menyekolahkan Yayan, saudara kembar YY, siswi SMP di Rejanglebong, Bengkulu, yang menjadi korban perkosaan dan pembunuhan.

“Saudara kembaran laki-laki almarhumah YY akan kita bawa ke Malang untuk masuk Pondok Pesantren sesuai dengan cita-cita ibu dan bapaknya,” kata Khofifah saat berkunjung ke rumah orangtua YY di Dusun V Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Jumat, 6 Mei.

Yayan, saudara kembar laki-laki YY, akan masuk Pondok Pesantren di Malang, Jawa Timur, setelah selesainya 40 hari meninggalnya saudari perempuannya itu. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Rangkuman berita sepanjang Jumat, 6 Mei

Apa saja yang terjadi pada Jumat kemarin, 6 Mei? Saksikan rangkuman beritanya di video di bawah ini: 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!