PH collegiate sports

5 hal tentang Max Verstappen, juara baru F1

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang Max Verstappen, juara baru F1

AFP

Max Verstappen menjadi juara seri Formula 1 termuda di GP Spanyol

JAKARTA, Indonesia — Seri Formula 1 di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu, 15 Mei, berlangsung penuh drama.

Selain duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, yang bertabrakan dan terhenti di lap pertama, nama Max Verstappen juga menjadi perbincangan.

Dalam debutnya bersama tim Red Bull Racing setelah pindah dari Scuderia Toro Rosso menggantikan Daniil Kvyat, Verstappen berhasil menjadi pemenang GP Spanyol, mengalahkan Kimi Raikonnen dan Sebastian Vettel di posisi dua dan tiga.

Seketika nama Verstappen pun menjadi buah bibir pecinta F1. Siapakah dia sebenarnya?

Berikut lima fakta menarik tentang Max Verstappen:

Pemecah rekor

Sepertinya Verstappen memang spesialis pemecah rekor. Balapan pertamanya sebagai pembalap F1 pada GP Australia 2015 membuatnya memegang rekor sebagai pembalap termuda yang debut di ajang F1.

Saat itu Verstappen yang baru berusia 17 tahun 166 hari berhasil memecahkan rekor Jaime Alguersuari.

Dalam musim debutnya tersebut, Verstappen berhasil finish di tempat ketujuh dalam GP Malaysia. Hasil tersebut membuatnya memegang rekor sebagai pembalap termuda yang mampu mendapatkan poin dalam kejuaraan dunia.

Di GP Spanyol pada Minggu kemarin, Verstappen kembali memecahkan dua rekor baru, yaitu sebagai pembalap termuda, sekaligus pembalap Belanda pertama, yang menjuarai seri Formula 1.

Anak dari pembalap F1

Sepertinya bakat balapan memang mengalir deras dalam darah pembalap kelahiran Hasselt, Belgia, 30 September 1997 tersebut.

Sang ayah, Jos Verstappen, merupakan mantan pembalap F1 pada 1994 hingga 2003. Namun karier Jos tidak secemerlang anaknya. Prestasi tertinggi ayah dari dua orang anak tersebut adalah berada di posisi enam starting grid pada GP Belgia 1994.

Sementara ibundanya, Sophie Kumpen, merupakan atlet karting Belgia yang pernah menjadi mendapatkan Andrea Margutti Trophy dalam ajang Formula A pada tahun 1995. 

Warga negara Belgia, pembalap Belanda

Meskipun terdaftar sebagai pembalap Belanda, nyatanya Max Verstappen adalah seorang warga negara Belgia, mengikuti sang ibunda.

Verstappen lahir di kota Hasselt, tinggal di Bree, dan memegang paspor Belgia. Namun ia memutuskan untuk menjadi wakil Belanda dalam dunia balapan karena selalu dikelilingi orang-orang Belanda saat besar di Maseeik, sebuah kota di Belgia yang berbatasan langsung dengan Belanda.

Mulai balapan dari balita

Terlahir dari keluarga pembalap, Verstappen memulai balapan saat masih berusia 4,5 tahun. Pada saat itu, ia mengikuti kejuaraan karting Mini Junior di kota Limburg, Belgia.

Pada 2006, Verstappen berhasil masuk ke kelas Rotax Max Minimax dan memenangkan kejuaraan nasional Belgia, dan menjadi pemenang dalam kejuaraan nasional di Belanda satu tahun berikutnya.

Perjalanannya dalam dunia balap mobil dimulai di Pembrey Circuit, 11 Oktober 2013, saat ia mengendarai mobil Renault sepanjang 160 lap. Tak lama kemudian, pada 16 Januari 2014, diumumkan bahwa Verstappen akan melakukan debutnya di ajang Florida Winter Series.

Kariernya melesat sangat cepat. Setelah berhasil mengikuti kejuaraan FIA European Formula 3 pada tahun yang sama, di akhir musim Verstappen didaulat sebagai pembalap uji coba oleh tim Scuderia Toro Rosso.

Berprestasi

Verstappen memang pembalap dengan banyak prestasi. Pada musim debutnya di Formula 1 2015, ia berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang FIA Awards yang diselenggarakan oleh federasi balap mobil internasional, FIA.

Menyelesaikan musim dengan 49 poin, Verstappen berhasil menyabet gelar Rookie of the Year, Personality of the Year, sekaligus penghargaan Action of the Year untuk penampilannya saat menyalip Felipe Nasr dalam GP Belgia 2015.

Kini, setelah penampilan luar biasa yang ia tampilkan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, nama Verstappen akan terus tercatat dalam sejarah sebagai pembalap muda pemecah rekor dengan segudang prestasi. —Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!