Berita hari ini: Rabu, 18 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 18 Mei 2016

ANTARA FOTO

Pantau laman ini untuk berita terbaru di Indonesia sepanjang Rabu, 18 Mei 2016

Indonesia wRap: Dari musisi Deddy Dores tutup usia hingga sanksi awal yang dijatuhkan Kemhub bagi Lion Air 

Musisi dan penyanyi Deddy Dores tutup usia pada Selasa, 17 Mei sekitar pukul 23:45 di Rumah Sakit Bintaro, Jakarta Selatan. Pria yang pernah mengorbitkan beberapa penyanyi ternama seperti Nike Ardilla meninggal akibat serangan jantung. 

Sementara, Kementerian Perhubungan akhirnya memberikan sanksi awal berupa pembekuan layanan ground handling bagi maskapai Lion Air dan Indonesia Air Asia selama 5 hari. Sanksi diberikan karena kedua maskapai itu melakukan kesalahan fatal dengan menurunkan penumpang dari Singapura di terminal kedatangan domestik di dua bandara berbeda.

Saksikan video rangkuman beritanya berikut: 

 

500 anggota babinsa awasi 430 desa di Bojonegoro

Selama satu minggu terakhir, 500 personel bintara pembina desa (babinsa) di Bojonegoro, Jawa Timur telah mengintai 430 desa dan kelurahan di 28 kecamatan di kabupaten tersebut.

Komandan Kodim Bojonegoro Letnan Kolonel Donova Pri Pamungkas mengatakan Rabu, 18 Mei, pihaknya meminta anggota bisa mengintai menyusul isu bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI).

”Ya, anggota Babinsa saya rutin buat laporan,” katanya.

Dia mengakui setelah satu minggu melakukan pengintaian, anggota babinsa belum menemukan satu pun lambang palu arit yang merupakan simbol PKI.

Sebelumnya, sosialisasi gerakan anti-PKI juga dilakukan di desa-desa di di Tuban, Jawa Timur. Baca berita selengkapnya di Tempo.co.

4 tewas, 1 kritis dalam kecelakaan di Jawa Timur

Sedikitnya 4 orang meninggal dunia dan satu kritis ketika sebuah mobil Toyota Avanza menabrak 12 motor dan warung kopi di Desa Padang Bandung, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Selasa malam, 17 Mei.

Kecelakaan itu terjadi ketika pengendara mobil Hariyono TS (54 tahun) melaju dengan kencang dari arah selatan tetapi gagal menguasai mobilnya di tikungan di Jalan Raya Desa Padang Bandung dan menabrak sebuah warung kopi yang sedang ramai dengan pengunjung.  

Akhibatnya, empat orang meningal di tempat, sementara satu lagi masih dalam keadaan kritis di Balai Kesehatan PKU Muhammadiyah Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik.

Menurut Kasat Lantas Polres Gresik AKP Anggi Saputra Ibrahim, sopir mobil tersebut diduga mabuk berat usai mengonsumsi minuman beralkohol. Baca berita selengkapnya di Kompas.com

PKS selenggarakan Legislator Summit di Yogyakarta

ULANG TAHUN PKS. Mantan Presiden BJ Habibie (kiri) menerima nasi tumpeng dari Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman (tengah) disaksikan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri (kanan) dalam Milad ke-18 PKS di Jakarta, Minggu, 24 April. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Seribu lebih legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengikuti Legislator Summit 2016 selama dua hari di Yogyakarta mulai Kamis, 19 Mei.

Ketua  Departemen Pembinaan Anggota Legislatif Daerah DPP PKS Haris Suryana mengatakan semua 1.146 legislator dari PKS diundang, tetapi hanya sekitar 1.000 yang sudah konfirmasi akan datang.

“Dari 1.146 tersebut sebanyak 70 legislator perempuan,”katanya di Yogyakarta pada Rabu, 19 Mei.

Dia mengatakan pihak panitia juga mengundang Fahri Hamza yang sudah dipecat oleh DPP PKS namun menang dalam keputusan sementara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Fahri faktanya masih duduk di DPR, masih menjabat sebagai wakil ketua dewan mewakili PKS. Dan kita memang siapkan kamar khusus,” katanya. 

Legislator Summid 2016 ini akan dibuka langsung oleh Presiden dan dihadiri Ketua Dewan Syuro PKS, pejabat DPP PKS serta sejumlah tamu undangan seperti Cak Lontong dan pengamat komunikasi politik Effendy Gozali.

“Cak Lontong dengan standup komidinya yang cukup cerdas memberikan perserta sedikit rileksasi,” kata Haris.

Dalam summit itu juga akan diluncurkan program Saktinusa yang merupakan program yang mempermudah hubungan antara legislator tinggkat pusat hingga tingkat bawah demikian pula kepengurusan pusat hingga tingkat bawah.

“Kita juga akan meluncurkan Hari Aspirasi Nasional dari PKS yang diharapkan keberadaan legislator PKS  dirasakan masyarakat melalui jalur jalur yang dilindungi masyarakat,” kata Haris. – Rappler.com

Golkar akan usung Jokowi di Pilpres 2019?

KETUA BARU PARTAI GOLKAR. Ketua Umum Partai Golkar terpilih, Setya Novanto (tengah) mendapat sambutan dari para pendukungnya seusai pemungutan suara dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar 2016 di Nusa Dua, Bali, Selasa, 17 Mei. Foto oleh Nyoman Budhiana/ANTARA

Pemilihan presiden masih tiga tahun lagi, tetapi Golkar, yang baru saja menyelenggarakan munas rekonsiliasi di Bali, sudah mulai menggadang-gadang jagoannya. Menariknya lagi, calon yang diusung ternyata bukan ketua umumnya, tetapi Presiden Joko “Jokowi” Widodo, ‘lawan’ politik mereka dalam pilpres 2014 lalu. 

Politisi Golkar Yorrys Raweyai mengatakan keputusan untuk mengusung Jokowi untuk periode kedua merupakan salah satu keputusan penting dalam Munaslub 2016.

“Jokowi sudah jalan bagus, dan kita sepakat untuk mengantarnya sesuai Undang-Undang, 2 periode,” kata Yorrys.

Politisi senior itu tidak menyebutkan apakah Golkar akan menyodorkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Ketua Umum Golkar, untuk kembali berpasangan dengan Jokowi dalam pemilihan presiden pada 2019. Baca selengkapnya di Detik.com

KPK kalah lagi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

KPK kalah lagi dalam praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto oleh Hafidz Mubarak A/Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kalah lagi dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam sidang keputusan praperadilan pada Rabu, 18 Mei, hakim tunggal Nursyam menyatakan tidak sah keputusan KPK menetapkan Raijua Marthen Dira Tom, Bupati Sabu di Nusa Tenggara Timur, sebagai tersangka pada 30 Oktober 2014 lalu.

Nursyam juga memerintahkan KPK mengembalikan berkas Raijua Marthen Dira Tom ke Kejaksaan Tinggi NTT untuk dihentikan penyidikanya. 

“Permohonan pemohon dikabulkan, dan memerintahkan untuk kasus ini dihentikan,” ujarnya.

Pada Februari 2015 lalu, hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi menerima gugatan Budi Gunawan, yang saat itu dicaloinkan menjadi Kepala Polri, terkait penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Baca selengkapnya di Tempo.co

Penyanyi dan pencipta lagu Deddy Dores meninggal dunia

Penyanyi kawakan Deddy Dores mennggal dunia pada Selasa malam, 17 Mei. Foto: Antara

Penyanyi kawakan Deddy Dores meninggal dunia di Rumah Sakit Internasional Bintaro, Tanggerang pada Selasa malam, 17 Mei.

Belum ada pengumuman resmi mengenai penyebab kematian pria kelahiran Surabaya, 28 November 1950 ini.

Deddy, yang selalu tampil dengan kacamata hitam, mengawali karir musiknya dengan membentuk band Rhapsodia tetapi masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai produser dan pencipta lagu untuk penyanyi Nike Ardilla.

Beberapa album yang dia keluarkan bersama Nike Ardilla adalah Bintang Kehidupan (1992) dan Sandiwara Cinta (1995). Baca berita selengkapnya di Tempo.co

6 nelayan Kupang diselamatkan kapal barang Australia

Para nelayan di Kupang, Nua Tenggara Timur menunjukkan hasil tangkapan mereka. Foto: Antara

Setelah 16 hari terombang-ambing di tengah laut, 6 nelayan asal Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur diselamatkan oleh kapal barang asal Australia: Great Perseus.

Nahkoda kapal Muhamad Safar mengatakan di Kupang pada Selasa, 17 Mei, bahwa mereka berlayar dari pada 29 April untuk mencari ikan di wilayah perbatasan dengan Australia. Ketika hendak kembali ke Kupang, mesin kapal kayu yang mereka tumpangi rusak.

“Kapal kami sempat bocor, sehingga mesinnya rusak dan kami pun terbawa arus. Tiba-tiba ada pesawat Australia yang melakukan patroli dan berputar-putar di atas kapal kami dan beberapa jam kemudian sebuah kapal asing yang mengangkut barang dari Australia dan hendak berlayar ke Jepang menghampiri kapal kami dan langsung menyelamatkan kami,” kata Safar. Baca berita selengkapnya di Kompas.com

Gerbong anjlok, perjalanan kereta api melambat 

KERETA API. Foto dari Wikimedia.org

Kereta api dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Sudirman atau sebaliknya terpaksa menggunakan satu jalur secara bergantían sebagai akhibat dari anjloknya gerbong kereta api listrik di antara ke dua stasiun tersebut.

Menurut Humas PT KCJ Eva Chairunnisa, jalur Bogor menuju Tanah Abang tetap bisa dilakukan tetapi harus mengantri sebelum masuk Stasiun Manggarai.

Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab anjloknya kereta api tersebut. Baca selengkapnya di Kompas.com. – Rappler.com

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!