Mitra Kukar vs Arema Cronus: Ujian pertama sang penguasa klasemen

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sejauh mana Arema Cronus bisa menguasai puncak klasemen sementara ISC A? Mitra Kukar bisa jadi ganjalan.

Pesepakbola Arema Cronus, Al Farisyi (kanan) berusaha melewati pesepakbola Bhayangkara Surabaya United (BSU), Muhammad Syahrul Kurniawan (kiri) dalam pertandingan Indonesia Soccer Championship (TSC), di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (15/5). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/1nz/6.

JAKARTA, Indonesia — Ujian pertama untuk penguasa klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) A, Arema Cronus, datang terlalu dini. Hanya selang sepekan setelah tim berjuluk Singo Edan itu menduduki singgasana, mereka sudah harus menghadapi tim besar lainnya, Mitra Kukar, pada Jumat, 20 Mei, pukul 16.00 WIB.

Ujian bagi Arema semakin berat karena laga digelar di kandang Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara. 

Pelatih Arema Cronus, Milomir Seslija, jelas ‎ingin menunjukkan konsistensi timnya. Tapi, laga ini diakuinya bakal sangat berat.

“Kami ingin selalu mendapatkan poin. Kami bermain di kandang lawan, itu akan menjadi pertarungan yang tidak mudah. Minimal kami bisa curi poin,” katanya.

Milo—panggilan Milomir—wajar sedikit waspada dengan Mitra Kukar. Itu karena hasil positif Naga Mekes sebelumnya yang mempecundangi PS TNI 4-1 di Bandung, pekan lalu. 

Kemenangan tersebut menegaskan kualitas tim berjuluk Naga Mekes tersebut. Mereka adalah lawan sepadan Singo Edan. Karena itu, Milo tak ragu menyebut pertarungan ini sebagai big match pekan ini.

“Mereka tim yang bagus, punya pemain bagus. Kami harus menghadapinya dengan sabar,” tuturnya.

Pelatih asal Bosnia itu meyakinkan, tak akan bermain terlalu terbuka dalam pertandingan ini. Pasalnya, secara materi ‎keduanya berimbang. 

Gustavo Giron sepertinya telah menemukan bentuk permainan sempurna bersama Arema. Itu dibuktikannya dengan mencetak satu gol ketika Arema sukses meraup poin penuh dari Bhayangkara Surabaya United pekan lalu.

“Kami tak bergantung kepada satu pemain mencetak gol. Ada sepuluh pemain kami yang bisa menjadi pencetak gol,” ungkap Milo.

Kunci laga nanti, kata Milo, adalah kolektivitas. Sebab, Mitra Kukar berbeda dengan Arema. Mereka banyak mengandalkan pemain tertentu, untuk bisa tampil apik.

Marlon Da Silva serta Rodrigo, akan kembali menjadi andalan. Itu semakin lengkap seiring menanjaknya performa Yogi Rahadian dan Septian David Maulana 

“Kami sebenarnya juga kolektif tim bagus. Cuma memang ada pemain yang menonjol. Di laga lain, tentu berbeda strateginya,” papar Subangkit, pelatih Mitra Kukar.

Yang pasti, Mitra Kukar mengusung misi meraih poin penuh dan mengkudeta posisi Arema Cronus sebagai penguasa klasemen. Saat ini, Mitra Kukar mengantongi lima. Satu kemenangan bakal membuat mereka meraih 8 angka. Itu sudah cukup untuk membuat Arema lengser dari posisinya.

“Kami juga ingin ke puncak. Peluang itu cukup terbuka,” tandas Subangkit.

Perkiraan pemain:

Mitra Kukar (4-4-2):

Shahar Ginanjar; Arthur, Saepuloh Maulana, M. Orah, Z. Abdul Gamal, A. Akbar, H. Bayauw, B. Pradana, Septian David, Marlon Silva, Rodrigo.

Arema Cronus (4-3-3):

Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hamka Hamzah, Goran Ganchev, Ahmat Alfarizi; Esteban Vizcara, Ferry Arman Saragih, Raphael Maitimo; Srdan Lopicic, Gustavo Giron, Sunarto.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!