Berita hari ini: Selasa, 24 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 24 Mei 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk mengikuti perkembangan peristiwa pada Selasa, 24 Mei 2016.

Indonesia wRap: Dari Louis van Gaal dipecat dari kursi manajer Manchester United hingga ancaman penjara jika mengenakan kaos ‘turn back the crime’

Manajer sepak bola asal Belanda Louis van Gaal resmi dicopot dari jabatannya sebagai manajer klub di Inggris, Manchester United. Dia dipecat karena dianggap tidak mampu meningkatkan performa tim berjuluk “setan merah” itu dalam dua tahun terakhir. Siapa yang akan menggantikan van Gaal? 

Kepala Kepolisian RI, Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan larangan kepada warga sipil agar tidak mengenakan kaos bertuliskan “turn back the crime”. Kaos yang identik digunakan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya itu rupanya rentan disalah gunakan. Jika membandel, maka terdapat ancaman hukuman penjara 3 bulan. Simak rangkuman berita selengkapnya berikut ini: 

 

Apa agenda pertemuan Ketua Umum Golkar terpilih dengan Jokowi di Istana?

Usai terpilih menjadi Ketua Umum baru Partai Golongan Karya, Setya Novanto didampingi Ketua Dewan Pembina, Aburizal Bakrie bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana. Aburizal mengatakan bertemu Jokowi hanya untuk melaporkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 14-17 Mei lalu.

“Tak ada (agenda lain),” ujar pria yang akrab disapa Ical itu. 

Hal serupa juga disampaikan Setya. Dia mengaku bertemu Jokowi hanya untuk berterima kasih karena karena mantan Gubernur DKI itu sudah hadir dan membuka Munaslub. 

Selain itu, Setya kembali menyampaikan komitmen Partai Golkar untuk mendukung pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla. Apa dalam pertemuan itu Golkar juga mengusulkan kadernya untuk dijadikan Menteri? Setya menepis hal tersebut.

Menurut dia, Golkar tidak akan mencampuri hal-hal terkait perombakan kabinet. Sebab, hal tersebut menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi. 

Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham yang ikut menemani Setya dan Abruzial ke Istana turut berkomentar serupa. Dia mengatakan dukungan Golkar ke kubu pemerintah tanpa syarat, karena partainya memiliki tuntutan ideologis, doktrin kekaryaan dan ideologi pembangunan. Baca selengkapnya di Antara

Donasi SMS dukungan untuk Rio Haryanto sudah terkumpul Rp 224,7 juta

Rio Haryanto saat persiapan uji coba Formula 1 di Barcelona, Spanyol. Foto dari Twitter/@ManorRacing

Tenggat waktu bagi pembalap Indonesia, Rio Haryanto memenuhi kewajiban untuk membayar sisa dana kepada tim Manor Racing semakin dekat. Pembalap asal Solo itu diketahui masih harus menyetor sekitar Rp 147 miliar. Sementara, dana yang dihasilkan dari SMS dukungan Rio Haryanto diketahui baru mencapai Rp 224,7 juta. 

Lalu, apa komentar Rio mengenai nasibnya yang berada di ujung tanduk? 

“Itu (pengumpulan dana melalui donasi SMS) merupakan ide pemerintah. Mereka membantu saya untuk masuk ke F1 dan semoga saja pemerintah turut membantu saya untuk bertahan selama satu musim penuh,” ujar pembalap berusia 23 tahun itu ketika diwawancarai oleh Fox Asia. 

Sejauh ini, Rio baru membayar senilai 8 juta Euro kepada tim Manor Racing. Jika dia tidak berhasil memenuhi sisa pembayaran sebesar 7 juta Euro, maka kiprah Rio akan berakhir pada 24 Juli di GP Hongaria. 

Sementara, Manor Racing sudah menyiapkan langkah seandainya Rio tidak bisa melunasi sisa pembayaran. Mereka telah menyiapkan dua pembalap pengganti yakni Aleksander Rossi dan Jordan King. Selengkapnya di Liputan 6.com.

Perlakukan pengunjung tidak senonoh, terapis spa ditahan polisi

Polisi menunjukkan tersangka kepada para wartawan pada Selasa, 24 Mei. Foto: Bobby Andalan

Hati-hati dalam memilih terapis. Itu kira-kira pesan dari peristiwa yang menimpa seorang turis belia asal Australia di Bali pada Sabtu, 21 Mei lalu.

Kapolsek Kuta Komisaris I Wayan Sumara mengatakan pada Selasa, 24 Mei, bahwa seorang turis asal Australia nyaris diperkosa oleh seorang terapis di salah satu spa di Jalan Lebak Bena, Kelurahan Legian, Kuta akhir pekan lalu. 

Beruntung, wisatawan yang masih berumur 12 tahun itu “langsung berlari mencari ibunya dan menceritakan apa yang telah dialaminya,” kata Sumara.

Ibu dan nenek anak itu langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kuta dan tidak lama berselang, pelaku diamankan polisi. 

Dalam pemeriksaan, pelaku mengakui perbuatannya. 

Sumara mengatakan tersangka dijerat dengan pasal 292 KUHP tentang perbuatan cabul dan pasal 76e junto pasal 82 undang-undang No. 35, 2014 tentang perlindungan anak. “Ancaman hukumannya 15 tahun penjara,” katanya. 

“Kami sudah sampaikan hal ini ke Konsulat Australia. Barang bukti yang kami amankan yakni bantal, celana pelaku, sprei spa. Kami belum lakukan tes kejiwaan pelaku. Ada tiga saksi yang sudah kita periksa. Korban saat ini masih di Bali dan sudah dilakukan visum,” kata Kapolsek Sumara. – dengan laporan Bobby Andalan/Rappler.com

Jokowi tanggapi positif keinginan warga untuk mengunjungi Istana Bogor

KUNJUNGI ISTANA BOGOR. Presiden Joko Widodo menyambut positif minat masyarakat Bogor yang ingin berkunjung ke Istana Bogor. Foto oleh Jafkhairi/ANTARA

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menanggapi secara positif keinginan masyarakat untuk mengunjungi Istana Bogor sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 534 awal Juni mendatang.

Endang Sumitra, kepala Rumah Tangga dan Protokol Istana Bogor, mengatakan pada Selasa, 24 Mei, bahwa presiden mempersilahkan warga mengunjungi istana dan bahwa bukan tidak mungkin Jokowi aka menyapa masyarakat yang mengunjungi Istana Bogor.

“Kemungkinan untuk menyapa masyarakat itu ada. Layak halnya seperti di Gedung Putih (White House) Presiden Barak Obama dapat melambaikan tangan dari balkon ke masyarakat. Presiden dan masyarakat bisa bertatap muka,” kata Endang.

Menurut Endang, pihak istana juga akan menyediakan juru foto bagi anggota masyarakat yang ingin mengabadikan kunjungan mereka ke Istana Bogor. Baca selengkapnya di Antara.

Siswi SD di Sukoharjo membakar kelas karena sering diejek 

Seorang siswi SD membakar ruang kelasnya karena sering diejek oleh teman-temannya, pada Senin, 23 Mei.

VRR (11 tahun) merupakan siswi kelas V SD Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah di Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Perbuatannya dilakukan pada Senin subuh saat sekolah masih sepi.

Atas perbuatannya, pelaku melanggar pasal 187 ke-1 dan atau 406 KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

“Karena pelaku masih di bawah umur, kasus ini memakai Hukum Acara Pidana Anak dan ditangani oleh unit PPA,” kata Ruminio.

Api menghanguskan satu lemari berisi arsip-arsip serta gorden di kelas. Polisi menemukan satu korek api kayu dan satu korek gas di lokasi. Selengkapnya di MetroTVNews.com.

Urung bawa piala, tim Thomas-Uber Indonesia mohon maaf

Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat karena belum berhasil membawa pulang piala ke Tanah Air.

“Tim Thomas dan Uber dengan segala kerendahan hati mohon maaf, kami belum berhasil,” ujar Chief de Mission (CdM) Thomas dan Uber Cup Indonesia, Ahmad Budiarto, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin.

Tim Thomas-Uber Indonesia tiba di bandara usai bertanding di Tiongkok. Tim Thomas Indonesia gagal membawa trofi usai dikalahkan tim Thomas Denmark dengan skor 3-2, sementara tim Uber Indonesia terhenti di perempatfinal.

Manajer tim Thomas dan Uber Indonesia, Rexy Mainaky, juga menyampaikan permohonan maaf karena Tim Merah Putih belum berhasil merebut Piala Thomas untuk ke-14 kalinya.

“Saya mohon maaf kami tidak bisa membawa pulang Piala Thomas, tapi dengan pencapaian kami bersyukur di final,” tuturnya.

Melihat pencapaian Tim Thomas kali ini, ia merasa optimistis mereka dapat membawa pulang Piala Thomas dua tahun mendatang. Selengkapnya di Antara.

Warga sipil mengenakan kaus Turn Back Crime bisa dipenjara 3 bulan

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Krishna Murti bersama anak buahnya mengenakan kaus Turn Back Crime. Foto dari Facebook Krishna Murti

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan untuk masyarakat sipil yang menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

Surat tersebut sudah diedarkan dan diterima oleh Polda di seluruh Tanah Air.

“Kapolri melarang pengenaan pakaian Turn Back Crime itu bagi warga sipil karena pakaian tersebut sering disalahgunakan untuk memperlancar tindak kejahatan,” kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, di Bandarlampung, Senin.

Bagi masyarakat yang melanggar akan ada sanksi pidana kurungan penjara selama tiga bulan. Selengkapnya di Antara.

KPK lakukan tangkap tangan hakim PN Bengkulu

 

Sejumlah demonstrator melakukan teaterikal saat unjuk rasa di depan gedung KPK, Jakarta, pada 11 Februari 2016. Foto oleh M Agung Rajasa/Antara

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Pengadilan Negeri Bengkulu, Senin, 23 Mei.

 

“KPK melakukan OTT di tempat kejadian perkara di rumah dinas Kepala Pengadilan Negeri Kapahiang atas nama JP, 55 tahun,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Senin.

 

Menurut Agus, OTT tersebut terjadi pada sekitar pukul 15:30 WIB pada Senin sore.

 

“JP selaku Kepala PN Kabupaten Kepahiang sekaligus hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bengkulu,” tambah Agus.

 

JP ditangkap seusai menyidangkan perkara di pengadilan tersebut. Selengkapnya di Antara.

 

Indonesia wRap: Senin, 23 Mei 2016

Gerindra usung Sjafrie Sjamsoeddin jadi cagub DKI hingga Masjid Ahmadiyah di Kendal dirusak massa

Partai Gerindra dilaporkan akan mengusung mantan Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin menjadi calon gubernur DKI di pemilihan kepala daerah 2017. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Puoyono, pengalaman Sjafrie di TNI hingga memimpin Kementerian Pertahanan dapat dijadikan modal untuk memimpin ibukota DKI. Pencalonan Sjafrie akan diumumkan pada Juli mendatang. 

Sementara, Masjid Ahmadiyah di Desa Gemuh, Kendal rusak akibat diamuk massa. Sejak awal masjid tersebut memang sudah mangkrak, namun ketika akan dilakukan pembangunan, tempat ibadah tersebut diserang oleh massa. Apa penyebabnya? Simak rangkuman beritanya berikut ini: 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!