YDBA terus tingkatkan kompetensi UMKM

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

YDBA terus tingkatkan kompetensi UMKM
'Iklim kompetisi saat ini semakin ketat, perusahaan harus mempunyai nilai tambah sehingga bisa bersaing'

JAKARTA, Indonesia – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus senantiasa meningkatkan kompetensi supaya bisa bersaing di dunia bisnis yang semakin kompetitif, kata Direktur PT Astra Otoparts Tbk A.K.Hadi Tan pada Kamis, 26 Mei.

“Iklim kompetisi saat ini semakin ketat, perusahaan harus mempunyai nilai tambah sehingga bisa bersaing,” kata Hadi Tan dalam keynote speech di Konvensi Quality Control Circle di Jakarta.

Konvensi, yang diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), diadakan untuk mendorong UMKM menerapkan budaya kaizen atau improvement sehingga UMKM tumbuh dan berkembang dalam budaya tersebut. Sekitar 250 UMKM binaan Astra mengikuti acara tersebut.

Didirikan oleh William Soeryadjaya pada 2 Mei 1980, YDBA membantu UMKM meningkatkan keterampilan teknik, manajemen, pemasaran, pembiayaan dan teknologi informasi mereka. Sejak didirikan, YDBA telah membina 8.700 lebih UMKM di berbagai wilayah di Indonesia. 

YDBA juga memberikan penghargaan kepada UMKM Mandiri, UMKM Hijau, Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Terbaik, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Terbaik, dan Instruktur Terbaik serta sharing bertema ‘Manfaat QCC untuk Peningkatan Produktivitas’.

Sebelum kick-off, Presiden Direktur PT Autoplastik Indonesia Siswijono memberikan materi mengenai manfaat QCC kepada mitra UMKM. Kick-off ditandai dengan prosesi menerbangkan replika pesawat kertas oleh Ketua Pengawas YDBA, Lina Djafar, Ketua dan Anggota Pengurus YDBA lainnya.

Berikut beberapa foto kegiatan perayaan HUT ke 36 YDBA pada Kamis, 26 Mei. 

 

Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja (tengah) berfoto bersama penerima penghargaan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Terbaik (kiri), LPB Terbaik 3 kali berturut-turut (kedua dari kiri),  Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Terbaik (kedua dari kanan) dan UKM Hijau Terbaik (kanan) saat penyerahan penghargaan dalam acara syukuran HUT ke-36 YDBA. Foto: Istimewa
   

 

Presiden Direktur PT Autoplastik Indonesia Siswijono sharing tentang Quality Control Circle (QCC) dalam acara syukuran HUT ke-36 YDBA di Auditorium Lt.3 Gedung PT Astra International Tbk pada Kamis, 26 Mei. Foto: Istimewa

 

(Dari kiri ke kanan) Deputy Head Public Relations Division PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto, Presiden Direktur PT Autoplastik Indonesia Siswijono, Bendahara Pengurus YDBA Fati Hendrayani, Ketua Pengawas YDBA Lina Djafar, Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja, Pengurus YDBA Setyo Budi Anang dan Sekretaris Pengurus YDBA Mohammad Iqbal menerbangkan replika pesawat kertas di tengah acara syukuran HUT ke-36 sebagai pertanda dimulainya Konvensi Quality Control Circle bagi UMKM. Foto: Istimewa.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!