Berita hari ini: Jumat, 27 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 27 Mei 2016
Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi pada Jumat, 27 Mei 2016.

Indonesia wRap: Dari peringatan 10 tahun gempa bumi Yogyakarta hingga MU resmi umumkan Mourinho

Hari ini tepat 10 tahun yang lalu, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa bumi hebat berkekuatan 5,9 skala richter. Ini merupakan gempa bumi terhebat yang pernah menimpa Yogyakarta dan menewaskan ribuan jiwa.

Selain itu, Jose Mourinho akan diumumkan sebagai manajer baru Manchester United (MU) setelah dilaporkan telah menandatangani kontrak.

Pemutaran film ‘Tragedi Mei 1998’ di Solo dibatalkan polisi

Pemutaran film dokumenter berjudul Tragedi Mei 1998 dalam acara panggung rakyat di Solo dibatalkan setelah diminta polisi, Kamis malam.

“Polisi datang dan meminta acara dibatalkan,” kata seorang aktivis Kontras, Indah Nurmasari.

Menurut polisi, acara tersebut berisiko memantik kerusuhan lantaran ada ormas yang akan menggeruduk Gedung Djoeang ’45, lokasi tempat acara. 

Polisi tetap memperbolehkan acara panggung rakyat berlangsung, namun dengan syarat: Pemutaran film dokumenter dan orasi ditiadakan. Selengkapnya di Tempo.co.

Hasil investigasi: Lion Air lalai dan tak pernah beri ‘training’ sopir bus

Warga menyaksikan pesawat komersial Lion Air yang akan lepas landas di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, pada 23 Mei 2016. Foto oleh Aloysius Jarot Nugroho/Antara

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaparkan hasil investigasi terkait insiden salah antar penumpang internasional ke terminal domestik Bandara Soekarno-Hatta oleh maskapai Lion Air, di hadapan Komisi V DPR RI.

Berikut hasilnya:

  1. Penyelenggara jasa layanan penumpang dan bagasi Lion Air telah memindahtangankan tanggung jawab layanan jasa penumpang kepada pihak ketiga.
  2. Lion Air tidak melengkapi sarana telekomunikasi para petugas layanan jasa penumpang dan bagasi di bandara Soekarno-Hatta sesuai aturan. Selama ini komunikasi sopir bus dengan stasiun informasi hanya telepon tembang atau ponsel.
  3. Petugas tidak memberikan briefing kepada para pengemudi bus antar jemput penumpang, termasuk saat terjadi penggantian pengemudi. 
  4. Self handling Lion Air tidak pernah memberikan training kepada pengemudi bus antar jemput penumpang. 

Kemenhub sudah memberikan rekomendasi kepada Lion Air untuk memenuhi semua kekurangan yang terungkap dari hasil investigasi dalam 30 hari ke depan.

Jika tak dipenuhi, Kemenhub akan mencabut izin ground handling  Lion Air. Selengkapnya di Kompas.com.

Ridwan Kamil inisiasi gerakan ‘Jumat Ngangkot’

BERSEPEDA. Walikota Bandung Ridwan Kamil bersepeda. Foto oleh Bay Ismoyo/AFP

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali membuat gerakan baru bernama “Jumat Ngangkot”. 

“Minimal sesekali untuk mengurangi kemacetan di hari Jumat khusus naik angkutan umum,” kata Ridwan.

Agar warga nyaman untuk menggunakan transportasi publik, Ridwan berjanji memperbaiki fasilitas-fasilitas transportasi, termasuk angkot. 

“Kami perbaiki kualitas angkotnya agar nyaman juga untuk warga Bandung,” ucapnya.

Sebelumnya, Ridwan memang sering menginisiasi gerakan-gerakan seperti ini, di antaranya “Rebo Nyunda” atau “Kamis Inggris”. Selengkapnya di Tempo.co.

Bandara Halim Perdanakusuma sudah kelebihan kapasitas

Presiden Jokowi turun dari pesawat Kepresidenan RI sekembalinya dalam kunjungan kerja ke Korea Selatan dan Rusia di Bandara Halim Perdanakusuma, pada 21 Mei 2016. Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur sudah terlalu padat dan kelebihan kapasitas. Dikhawatirkan, keamanan penerbangan menjadi taruhannya.

Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi bersama antara Panglima Komando Operasi Angkatan Udara, pejabat Lanud Halim, otoritas bandara, operator Angkasa Pura II, air navigation, dan para operator maskapai penerbangan. 

Para pihak terkait menyetujui bahwa kegiatan penerbangan di bandara Halim sudah sangat padat. Bahkan pengelolaan parkir, ruang tunggu dan check in sudah tidak kondusif lagi. 

Pihak Angkasa Pura II juga menyampaikan bahwa operasional bandara Halim sudah over capacity, terutama jadwal penerbangan dari pukul 06:00 sampai 12:00 WIB yang sudah melewati batas normal. 

Pihak ATC secara tegas mengakui sudah kewalahan dalam melayani penerbangan dan kondisi ini apabila dibiarkan akan dapat berakibat fatigue bagi operator ATC dan dapat berakibat fatal bagi keselamatan penerbangan.

“Satu hal yang sangat penting, akibat dari semua hal tersebut menyebabkan latihan penerbangan TNI AU menjadi terganggu,” kata Kadis Ops Lanud Halim Kolonel Penerbang Damanik.

Seluruh pihak kemudian menyetujui untuk melakukan pengelolaan kembali untuk keselamatan penerbangan, seperti penataan jadwal penerbangan dan fasilitas pendukung, contohnya pengaturan lalu lintas udara, pengaturan ground movement pesawat, kapasitas bandara, pengaturan parkir dan traffic scheme. Selengkapnya di situs resmi TNI AU.

Kementerian Agama-BI jalin kerjasama penggunaan keuangan digital pesantren

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto oleh Jet Damazo/Rappler

Kementerian Agama dan Bank Indonesia menyepakati penggunaan layanan keuangan digital (LKD) di lingkungan pesantren yang diharapkan dapat mengembangkan ekonomi pesantren.

“Penggunaan LKD pada beberapa pondok pesantren telah memberikan ruang transaksi yang semakin mudah, dekat dan tidak berbelit-belit,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis.

Dia mengatakan LKD merupakan solusi keuangan nontunai yang praktis yang dapat diterapkan di koperasi-koperasi pondok pesantren. Artinya, pesantren tidak hanya melahirkan ahli agama saja tapi juga penggerak ekonomi. Selengkapnya di Antara.

Pasca kecelakaan, Rio Haryanto berharap keberuntungan 

Grand Prix Monaco bukan menjadi sesi yang terbaik bagi pembalap tim Manor Racing, Rio Haryanto. Foto dari Twitter/@F1

Rio Haryanto baik-baik saja, pasca mobilnya mengalami kecelakaan dalam sesi latihan bebas kedua di GP Monaco, Kamis, 26 Mei.

“Hari ini berjalan cukup lancar sampai kecelakaan saya. Saya mendapatkan pagi yang baik, kami bekerja mengikuti rencana dan saya sudah menantikan percobaan dengan ban Ultrasoft,” ujar Rio.

(BACA: FP2 GP Monaco: Rio Haryanto tabrakan, Ricciardo tercepat)

Sebelumnya, pada sesi latihan pertama, ia finish di posisi 21, di depan rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein.

“Sayangnya, saya menginjak rem sedikit terlambat dan keras sehingga kehilangan kendali mobil setelah keluar dari terowongan dan menuju ke chicane. Untungnya, benturan dengan dinding Armco tidak terlalu keras dan mobil tidak rusak terlalu parah. Plus, kami memiliki satu hari ekstra untuk mempersiapkan mobil, yang sedikit meringankan tekanan pada orang-orang di tim,” katanya.

Rio akan menjalani sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi pada Sabtu, 28 Mei.

“Saya mengharapkan keberuntungan yang lebih baik di FP3,” kata Rio. Selengkapnya di Detik.com.

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dewa 19 konser di DPR 

Grup musik Dewa 19 tampil dalam konser Revolusi Pancasila di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada 26 Mei 2016. Foto oleh Sigid Kurniawan/Antara  

 

Grup musik Dewa 19 meramaikan konser musik “Revolusi Pancasila” di ruang Nusantara IV Gedung MPR/DPR RI, di Senayan, Jakarta, pada Kamis malam, 26 Mei.

 

Pada konser tersebut Dewa 19 menyanyikan sejumlah lagu, termasuk Pancasila Rumah Kita.

 

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan, DPR RI menyetujui usulan Ahmad Dhani dan penyair Ratna Sarumpaet untuk menggelar konser di komplek parlemen, dengan pertimbangan ingin menjadikan komplek parlemen sebagai rumah rakyat.

 

Konser musik dan puisi yang menampilkan Ahmad Dhani dan Ratna Sarumpaet ini, mengusung tema “Revolusi Pancasila” yakni memperingati 70 tahun lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2016.

 

Ahmad Dhani mengatakan, dirinya mengajukan usulan konser musik di komplek parlemen setelah melihat pimpinan DPR RI menyelenggarakan pameran lukisan.

 

“Saya menilai, DPR mulai memperhatikan seni budaya. Saya berpikir, kalau lukisan bisa dipamerkan di parlemen, maka musik seperti Dewa 19 juga bisa tampil di parlemen,” katanya. Selengkapnya di Antara.

 

Indonesia wRap: Kamis, 26 Mei

Setujukah Anda dengan hukuman kebiri untuk pelaku pemerkosaan?

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 1, 2016 pada Rabu, 25 Mei. Peraturan tersebut merupakan perubahan kedua undang-undang No. 3, 2002 mengenai perlindungan anak.

Berdasarkan aturan baru ini, pelaku tindak kejahatan seksual terhadap anak dapat diancam hukuman mati dan penjara sampai 20 tahun. Dalam kasus tertentu, para terpidana juga bisa dikebiri dengan suntikan kimia.

 Setujukah Anda dengan hukuman ini?

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!